-->

Khasiat dan Manfaat Buah Apel



Buah apel memiliki ciri khas rasa yang Lezat dan renyah saat dimakan, dan inilah yang membuat orang jarang bosan makan buah apel. Nama ilmiah dari buah apel adalah Pyrus Malus. Buah ini tumbuh subur di daerah yang memiliki suhu rendah ( bersuhu dingin ). Pohon apel mampu berkembang baik di ketinggian 1200m di atas permukaan laut. Buah apel juga memiliki manfaat bagi kesehatan, tak salah jika buah ini memiliki peringkat teratas sebagai buah super.

Berikut khasiat/ manfaat buah apel :


Mencegah Alzheimer dan Penuaan Otak

Mencegah Parkinson
Menurut penelitian, orang yang makan – makanan tinggi serat termasuk apel terlindungi dari resiko parkinson. Parkinson adalah penyakit yang dikarenakan adanya kerusakan sel saraf yang memproduksi dopamin di otak. Para ilmuwan menghubungkan fakta ini juga terkait dengan kekuatan antioksidan.

Menjaga kesehatan gigi
Apel memang tak bisa menggantikan sikat gigi, namun menggigit dan mengunyah buah apel akan merangsang produksi air liur dalam mulut, sehingga akan mengurangi kerusakan gigi dengan cara menurunkan tingkat bakteri .

Mengurangi risiko diabetes
Wanita atau Pria yang makan setidaknya satu buah apel dalam sehari , memiliki kemungkinan 28 persen lebih kecil mengembangkan diabetes tipe 2 , dibandingkan mereka yang tidak makan apel sama sekali. Apel mengandung serat larut , yang artinya kunci untuk menjaga gula darah stabil.

Mencegah segala macam kanker
Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research , menyetujui jika mengkonsumsi buah apel yang kaya flavonol bisa mengurangi resiko terkena kanker pankreas hingga 23 persen.

Mengurangi kolesterol
Dapat menurunkan kadar kolesterol artinya serat larut yang ditemukan dalam apel akan mengikat lemak didalam usus.

Kesehatan jantung
Senyawa fenolik yang ditemukan dalam kulit apel juga akan mencegah kolesterol menumpuk di dinding arteri. Ketika plak mengumpul di dalam arteri, tentu akan menghambat aliran darah ke jantung, yang akan menyebabkan penyakit jantung koroner.

Mencegah batu empedu
Batu empedu bisa terbentuk karena tingginya kolesterol di dalam empedu, sehingga cairan bisa mengeras . Untuk mencegah batu empedu , dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantu mengendalikan berat badan dan kadar kolesterol . Umumnya ini dialami oleh orang dengan obesitas.

Meningkatkan sistem kekebalan Anda
Apel merah mengandung antioksidan tinggi yang disebut dengan quercetin. Studi  menunjukkan bahwa kuersetin akan membantu untuk meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh terutama ketika sedang stres .

Mengalahkan diare dan sembelit
Lagi-lagi serat yang memiliki peran ini, yaitu membantu proses pencernaan dengan lebih mudah. Degan demikian, susah BAB atau sembelit bisa jauh-jauh jika banyak makan buah berserat tinggi termasuk apel.

Mencegah wasir
Wasir adalah urat yang bengkak di saluran anal dan bisa terasa sangat menyakitkan. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan dub*r . Terlalu sering mengalami sembelit juga bisa menyebabkan wasir semakin parah, dan serat tinggi dalam apel pada akhirnya akan membantu meringankan wasir karena mencegah sembelit .

Mendetoksifikasi hati Anda
Tanpa kita sadari, kita sebenarnya terus-menerus mengkonsumsi racun, apakah itu dari minuman atau makanan. Dan untuk itu, organ hati yang bertanggung jawab untuk membersihkan racun daridalam  tubuh Anda . Cara detoksifikasi yang terbaik adalah yang alami, dan itu bisa dengan mudah dilakukan dengan makan buah seperti apel.

Mengendalikan berat badan
Banyak masalah kesehatan yang berkaitan dengan kelebihan berat badan , di antaranya adalah penyakit jantung, stroke , tekanan darah tinggi , diabetes tipe 2 dan sleep apnea. Untuk mengelola berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dokter menyarankan diet kaya serat . Apel jelas termasuk didalamnya, karena mengandung tinggi jenis serat penting.

Mencegah katarak
Studi jangka panjang baru-baru ini menunjukkan bahwa, orang yang diet kaya buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel 10 sampai 15 persen lebih kecil kemungkinannya mengembangkan katarak .

Jika anda mengalami masalah di atas berikut cara mengobatinya :

Mengobati Diabetes
·         Siapkan 2 biji apel segar, potong menjadi beberapa bagian
·         Kemudian rebus dengan air bersih 3 – 4 gelas, tunggu beberapa menit kira – kira 30-45 menit
·         Tiriskan dalam gelas lalu minum sampai habis, dianjurkan minum 2 gelas sehari pagi dan malam

Menyembuhkan Diare
·         Cari buah apel yang setengah matang dan makan beberapa biji 2 – 3 biji dalam sehari.
·     Sangat dianjurkan ketika penyakit diarenya kambuh langsung makan buah apel minimal 1 biji dan meminum air putih yang banyak

Menghilangkan Kantung Mata
·         Ambil 1 biji buah apel, tiris tipis pastinya di cuci terlebih dahulu.
·         Tempelkan di atas mata anda sampai menutupi kelopak

Mengatasi Kulit Berjerawat dan Berminyak
·         Sediakan 2 apel segar kemudian cuci.
·         Blender sampai halus kemudian tambahkan 1 sendok cuka sari
·         Maskerkan pada wajah, diamkan beberapa menit sampai mengering setelah itu cuci sampai bersih

“Hidup Sehat, Keluarga Sehat”

Upss baca juga artikel ini yaa : khasiat dan efek samping jeruk nipis


*Terimakasih atas kunjungan anda, jika artikel ini bermanfaat mohon di share ^_^

2 Responses to "Khasiat dan Manfaat Buah Apel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel