-->

Khasiat dan Efek Samping Anggur


Khasiat dan efek samping Anggur - Buah anggur terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kaya antioksidan vitamin A, C, E, B1 B6 selain itu juga mengandung kalsium, yodium, mangan, kalium, seng, selenium, serta gula alami seperti dektrosa dan glukosa. Serta kaya akan berbagai fitonutrien yang dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit.


Buah anggur identik dengan warna ungu, meskipun tidak semua buah anggur berwarna ungu. Macam dan jenis dari buah anggur sangat banyak. Buah anggur bisa dijadikan jus atau dimakan langsung. Walau bentuknya kecil anggur mempunyai banyak manfaat dan khasiat, pastinya juga memiliki efek samping juga.  Dibawah ini akan diuraikan mengenai manfaat/ khasiat dan efek samping dari buah anggur yang perlu Anda ketahui. 

Berikut manfaat dan efek samping dari buah anggur :


1. Jantung
Anggur dikenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Kandungan senyawa fenol meiliki sifat antioksidan yang sangat kuat. Sedangkan senyawa resveratrol yang terdapat dalam anggur hitam dan anggur merah membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner. Serta adanya senyawa saponin yang bermanfaat menghambat penyerapan kolesterol dalam darah.

2. Melancarkan BAB
Buah Anggur sering disebut sebagai salah satu buah pencahar alami, atau sering digunakan untuk membantu melancarkan buang air besar atau sembelit. Karena adanya kandungan gula, selulosa, serta asam organik dalam buah anggur.

3. Mencegah penuaan dini
Buah anggur mengandung antioksidan dan vitamin lainnya yang terbukti membantu menjaga kesehatan kulit.

4. Menghilangkan gangguan ginjal dan pencernaan
Dengan rutin mengkonsumsi buah anggur, ternyata menyehatkan untuk sistem pencernaan tubuh kita. Anggur juga membantu menghilangkan asam pada ginjal, sehingga menjaga ginjal tetap sehat.

5. Gula Darah
Manfaat buah anggur untuk mengobati gula darah. Anggur dikenal memiliki indeks glikemik yang sangat rendah sehingga cocok untuk orang yang memiliki gula darah yang tidak seimbang. Senyawa Fitonutrien membantu mengatur gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

6. Mencegah Kanker
Satu gelas jus buah anggur mampu membunuh sel-sel jahat penyebab kanker hati dan dapat meningkatkan kinerja hati untuk lebih maksimal dalam membersihkan racun-racun yang ada di dalam tubuh.

7. Migrain
Jus anggur dikenal sebagai obat alami yang ampuh mengobati migrain. Anda tinggal membuat jus anggur murni tanpa ditambahkan air, kemudian minum secara rutin.

8. Insomnia
Pada buah anggur terdapat zat melatonin, suatu zat yang bisa membantu mengatur jam biologis tidur manusia. 

9. Hipertensi
Manfaat buah anggur untuk mengobati hipertensi. Pada buah anggur terdapat kandungan senyawa kalium dan melatonin yang dipercaya bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, serta membersihkan pembuluh darah dari sumbatan. 

10. Melindungi mata dari katarak
Kandungan Flavonoid dalam buah anggur memiliki fungsi untuk menjaga mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal    bebas yang bisa menyebabkan katarak.

11. Mencegah kanker payudara
Rajin mengkonsumsi jus anggur secara rutin dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara.

12. Baik untuk penderita asma
Manfaat anggur untuk mengatasi asma. Buah anggur dapat membantu meningkatkan kadar air dalam paru-paru atau sering disebut dengan assimiratory . Hal ini berefek menurunkan resiko sesak napas pada penderita asma, yang tentu saja bagus untuk penderita penyakit asma.

13. Menjaga kekebalan tubuh
Kandungan Antivirus dan antibakteri dalam buah anggur dapat meningkatkan daya tahan dan perlindungan kita dari penyakit.

14. Memproduksi Sel Darah Merah
Kandungan dari buah anggur yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang menderita anemia atau kekurangan sel darah merah. Buah anggur kaya akan zat besi, sehingga mampu memproduksi sel darah merah di dalam tubuh dengan cepat dan maksimal. Makanlah minimal 2 biji buah anggur untuk mempercepat proses penyembuhan Anda atau untuk mengurangi rasa sakit Anda akibat penyakit anemia ini.

15. Menghilangkan Noda Bekas Jerawat
Penggunaan buah anggur sebagai bahan kecantikan memang bukan sekedar mitos belaka. Buah anggur mampu menghilangkan noda bekas jerawat anda dalam beberapa kali treatment saja. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengiris buah anggur menjadi dua bagian, kemudian oleskan secara merata pada wajah Anda terutama pada wajah yang terkena jerawat. Kemudian tunggu beberapa menit, lalu pijat-pijat dengan lembut dan bilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur 2 kali dalam seminggu, maka noda bekas jerawat yang membandel akan hilang dengan sendirinya.

Selain itu Biji Anggur juga mempunyai khasiat/ manfaat bagi kesehatan. Berikut khasiat/ manfaatnya :


Mencegah stroke
Manfaat biji anggur untuk mencegah stroke. Dalam biji anggur ditemukan mineral, seng (Zn) dan mangan (Mn). Selain itu, dalam biji anggur juga mengandung endungeoned pycnogenol, yaitu zat penguat kolagen yang berguna untuk melenturkan pembuluh darah, sehinga tidak terjadinya stroke atau penyumbatan pembuluh darah.

Melembabkan kulit wajah
Manfaat biji anggur selanjutnya yaitu untuk melembabkan kulit wajah. Biji anggur bisa menjaga kelembaban jaringan kulit dari dalam sehingga membuat kulit wajah senantiasa lembab. Manfaat biji anggur juga untuk melancarkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan kulit wajah dari luar.

EFEK SAMPING BUAH ANGGUR


Anggur Dapat menyebabkan Diare
Jangan salah ya, ibu hamil yang terlalu banyak mengkonsumsi buah anggur maka akan menyebabkan diare selama kehamilannya, dan diare cukup membahayakan bagi kesehatan ibu hamil. Dimana jika ibu hamil kehilangan banyak cairan dalam tubuh maka akan berpengaruh juga pada kondisi bayi di dalam perut. Dimana kondisi kekurangan cairan akan menyebabkan ibu hamil dan bayi menjadi lemas.

Anggur Dapat Menyebabkan Keracunan
Salah satu masalah utama yang menjadi alasan ibu hamil untuk menghindari konsumsi anggur selama kehamilannya yakni kandungan resveratrol. Dengan kadar resveratrol yang tinggi akan berpotensi meracuni kehamilan dan menyebabkan hormon di tubuh tidak seimbang. Sehingga sangat berbahaya untuk keselamatan ibu dan bayinya.

Bagaimana jika ibu hamil ngidam anggur ? boleh, tapi sebaiknya sebelum makan anggur disarankan untuk mengisi perut terlebih dahulu, seperti nasi, roti, atau yang lainnya.

Efek di atas tidak hanya di sarankan untuk ibu hamil, bagi yang tidak hamilpun sama. Yang jelas mengkonsumsi anggur berlebihan berdampak negativ bagi kesehatan, dan sebaliknya jika dikonsumsi dengan kadar kebutuhan tubuh, maka akan memiliki dampak positif bagi kesehatan kita.

Baca juga artikel ini : khasiat dan efek samping buah leci


*Terimakasih atas kunjungan anda, jika artikel ini bermanfaat mohon di share ^_^ 

0 Response to "Khasiat dan Efek Samping Anggur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel