-->

Khasiat dan Efek Samping Selada




Khasiat dan Efek Samping Daun Selada - Mengkonsumsi sayuran merupakan sebuah proses yang baik untuk menjaga kesehatan di dalam tubuh. Namun, sebenarnya bukan hanya bagi kesehatan saja tetapi bisa pula untuk kecantikan yang ingin diperoleh secara alami. Begitu juga dengan Selada yang mempunyai ragam khasiat atau manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Khasiat yang dimiliki oleh daun Selada ini berperan penting sebagai pelindung, pencegah hingga ramuan alami untuk beberapa resiko.

Selada memiliki nama latin lactuca sativa dan termasuk ke dalam keluarga Asteraceae. Selama ini, selada dimanfaatkan sebagai sayuran daun untuk salad dan disebut-sebut sebagai rajanya salad karena teksturnya yang sangat halus. Daun selada dikonsumsi secara mentah dan dapat ditemukan dalam salad atau hamburger.

Selada biasanya dikonsumsi banyak orang sebagai lalapan saja, walaupun mungkin juga ada yang memasaknya. Selada tentunya sangat sehat untuk kesehatan tubuh manusia karena selada mengandung nutrisi dan vitamin, asam folat, dan finonutien yang tak kalah dengan jeruk ataupun bayam. Kandungan selada ternyata dapat melindungi paru-paru, mencegah kanker dan stroke, memelihara hati, serta mengatasi anemia dan bronkitis.

Meskipun hanya dikonsumsi sebagai makanan pendamping saja, daun selada ternyata memiliki khasiat luar biasa. Berikut khasiat dan efek samping dari Selada :

Berikut Khasiat dan Efek Samping Selada :


Menjaga Berat Badan
Selada memiliki kalori yang rendah sehingga sangat baik untuk pelaku diet, rata-rata hanya 1 - 50 per porsi. Selada juga kaya air, memungkinkan tubuh untuk terhidrasi. Selada juga mengandung serat, yang membantu pencernaan dan memberi rasa kenyang lebih lama.

Membantu dalam Pemulihan Jaringan
Selada banyak mengandung magnesium. Elemen ini memiliki peran penting dalam pemulihan jaringan, saraf, otak, dan otot. Juga berkontribusi memperpendek waktu pemulihan. Makan selada bisa mempercepat bangkitnya kembali otot-otot lelah, jaringan, dan saraf.

Memperkuat Tulang
Adanya kandungan vitamin K pada daun ini menjadikannya berperan penting dalam pembentukan suatu hormon yang dikenal sebagai osteotropic. Hormon ini berfungsi sebagai pencegah adanya keropos pada tulang serta memperkuat kondisi suatu tulang.

Meredakan Sakit Kepala
Jus daun selada bila dicampur dengan minyak mawar, lalu ditempelkan pada dahi, dapat membantu meredakan sakit kepala sehingga dapat menjamin tidur nyenyak.

Mencegah Cacat Lahir
Selada kaya akan asam folat, yang dikenal membantu mencegah cacat lahir pada tahap awal kehamilan. Juga mencegah anemia. Bagi para ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi selada selama masa kehamilan. Manfaat daun selada memiliki kandungan Vitamin K yang tinggi dan selama ini vitamin K diketahui sangat penting untuk menghindari risiko cacat bayi dalam kandungan.

Pencegah Kanker
Daun Selada mempunyai senyawa yang dinamakan sebagai kandungan gluconasturtin. Dimana pada senyawa ini yang nantinya akan melawan kanker di dalam tubuh. Sehingga dapat dijadikan sebagai tameng dari suatu penyakit yang berbahaya.

Menyediakan Nutrisi Selama Kehamilan dan Menyusui
Asam folat dalam selada membantu mencegah anemia megaloblastik selama kehamilan. Ini ditunjukkan dalam serangkaian percobaan pada ibu yang rajin mengonsumsi selada bebas dari anemia gizi. Makan selada juga memiliki pengaruh besar atas sekresi hormon progesteron. Makan selada dengan bayam, asparagus, kacang polong, dan kembang kol meningkatkan asam folat atau vitamin B dari menu makanan. Sekitar 300 – 500 mcg vitamin ini diperlukan selama trimester terakhir kehamilan. Kekurangan vitamin ini menyebabkan anemia megaloblastik.

Merawat Rambut Rontok
Campuran jus selada dan jus bayam dikatakan baik bagi mereka yang terganggu oleh masalah rambut rontok.

Kaya akan Mineral
Selada merupakan sumber berbagai jenis mineral seperti besi, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, dan potasioum. Kalium bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Kalsium bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Sedangkan tembaga dan zat besi membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.

Melawan Penyakit
Selada mengandung beta-karoten yang merupakan pejuang melawan penyakit. Penyakit tertentu seperti katarak, stroke, penyakit jantung, dan kanker dapat dilawan dengan makan selada.

Dapat Menambah Darah
Daun selada pun ternyata memiliki manfaat bagi mereka yang mengalami permasalahan karena kekurangan darah. Daun selada yang selama ini hanya dikenal sebagai lalapan untuk makanan pendamping saja, terbukti memiliki kandungan zat besi yang tinggi seperti yang juga ditemui pada manfaat bayam. Hal ini dapat dijadikan penambah darah, bagi orang yang memiliki masalah pada kekurangan darah yang disebabkan karena rendahnya zat besi yang dikonsumsi.

Dapat Membantu Mengobati Diabetes
Daun selada juga sangat baik dalam kandungan gula, karena kandungan gulanya yang rendah. Hal ini tentu sangat berguna, mengingat kandungan gula yang tinggi dapat membahayakan kesehatan. Apabila para penderita diabetes daun selada ini, tidak perlu khawatir mengenai kandungan gula. Daun selada memiliki kandungan gula yang rendah dan aman untuk dikonsumsi dalam jumlah besar sekalipun.

Membantu Mengatasi Insomnia
Masalah insomnia juga dapat diatasi dengan mengonsumsi daun selada, karena daun selada mengandung lactucarium. Kandungan tersebut akan membantu tubuh menjadi lebih mudah tidur karena khasiatnya yang dapat membuat semakin rileks dan akhirnya mengantuk.

Menjaga Daya Tahan Tubuh
Daun Selada pun dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, mengingat kandungan dari daun selada yang  mengandung lemak sehat berupa lemak omega 3 dan omega 6. Kandungan tersebut, dapat membuat tubuh semakin terjaga dan daya tahan tubuh Anda menjadi lebih kuat.

Meningkatkan kesuburan
Selada segar kaya akan folat dan vitamin C. Folat membantu meningkatkan kesehatan janin selama masa kehamilan dan juga meningkatkan kesehatan reproduksi baik pria maupun wanita. Sedangkan vitamin C mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu menghalau serangan penyakit.

Menenangkan gairah s3ksual
Para peneliti di Universitas California menunjukkan serangkaian percobaan yang hasilnya selada memiliki efek menenangkan pada gairah s3ksual, yang berpengaruh kuat pada peningkatan tingkat kesuburan. Meskipun temuan ini tampak kontroversial, selada sering disarankan untuk membantu pria yang menderita ejakulasi dini.

Membantu Penderita Sembelit
Selada mengandung serat makanan yang dapat membantu usus bergerak lebih mudah sehingga membantu pencernaan. Selada juga terbukti mengobati gangguan asam lambung, arthritis, katarak, masalah peredaran darah, dan kolitis.

Menurunkan resiko stroke
Sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi folat dalam diet mereka, memiliki peluang yang lebih rendah untuk mengembangkan stroke. Mengkonsumsi 2s ampai 3 porsi selada air, akan memberikan jumlah folat yang diperlukan oleh tubuh, sehingga dapat menurunkan risiko stroke.

Meningkatkan Daya Kognitif
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi setidaknya 800 mcg folat setiap hari dapat meningkatkan daya kognitif dan kefasihan lisan. Hal ini juga dapat menunda penurunan kognitif pada orang tua.

EFEK SAMPING SELADA

Pastinya semua yang ada di dunia ini memiliki khasiat/manfaat dan efek samping. Untuk efek samping dari Daun Selada ini sebagai berikut :
Daun Selada tidak aman untuk digunakan sebagai obat pada anak-anak, terutama pada mereka yang berusia kurang dari empat tahun.
Jangan mengkonsumsi selada air jika memiliki gangguan perut atau borok pada usus.
Jangan gunakan selada air jika Anda memiliki penyakit ginjal.
Daun selada tampaknya aman bagi kebanyakan orang dalam jumlah makanan dan dalam jumlah obat bila digunakan jangka pendek. Namun, ketika digunakan dalam jumlah besar atau jangka panjang, dapat menyebabkan sakit perut atau masalah ginjal.

Upss baca juga artikel ini yaa : khasiat dan efek samping brokoli

*Terimakasih atas kunjungan anda, jika artikel ini bermanfaat mohon di share ^_^

0 Response to "Khasiat dan Efek Samping Selada"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel