-->

KHASIAT DAN EFEK SAMPING JERUK NIPIS



Jeruk nipis atau jeruk limau atau secara salah kaprah ada yang mengatakan lemon ini merupakan tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya untuk berbagai kebutuhan manusia, seperti memasak yang dijadikan bumbu penyedap atau pemasam kuah, perawatan kulit yang bermasalah, membantu menurunkan berat badan, dan yang pasti menunjang kesehatan tubuh secara maksimal dari dalam. Anda bisa merasakan khasiat dari buah jeruk nipis apabila tahu kalau di dalamnya banyak sekali kandungan senyawa bervitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam.

Buah berbentuk bulat kecil, berwarna hijau atau kuning ini kaya vitamin C dan antioksidan. Berdasarkan penelitian, kandungan vitamin C pada jeruk nipis melebihi kandungan vitamin C jenis jeruk lainnya. Jeruk nipis juga mengandung zat besi, fosfor, sulfur, kalsium, mineral, karbohidrat, asam sitrun, glikosida, minyak atsiri, asam amino (lisin, triptofan) dan asam sitrat.

Berikut ini Khasiat dan Efek samping dari jeruk nipis :


Kaya kandungan vitamin
Jeruk kaya akan vitamin C yang mudah membantu memenuhi kebutuhan harian dalam bentuk alami. Seorang pria dewasa membutuhkan 90 miligram vitamin C setiap hari dan perempuan dewasa sekira 75 miligram. Karena setiap porsi jeruk nipis manis berisi minimal 50 miligram Vitamin C, Anda tak perlu khawatir untuk kebutuhan vitamin C setiap hari saat Anda menambahkan jeruk nipis manis di menu harian.

Membantu lancarkan pencernaan
Jeruk nipis memiliki flavonoid yang meningkatkan produksi empedu, asam, dan cairan pencernaan. Semua hal itu sangat membantu berfungsinya sistem pencernaan dalam tubuh. Dimana kandungan falonoid akan menetralkan cairan pencernaan asam, pengeluaran racun dalam tubuh. Di samping itu, mengonsumsi jeruk nipis manis juga akan menenangkan perut bila Anda menderita muntah, mual, atau diare.

Sumber mineral
Jeruk nipis manis sangat kaya akan mineral dimana memiliki kandungan kalium tinggi sekitar 490 miligran dalam satu porsi. Selain kalium, jeruk nipis manis juga memberikan kandungan tembaga, kalsium, besi dan fosfor. Semua kandungan mineral itu memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Buah rendah kalori
Jeruk yang rasanya asam itu rendah kalori, dimana bahan ini merupakan bahan yang sempurna untuk diet rendah lemak. Sebagai gambaran, jika Anda mengonsumsi sekitar 3,5 Oz jeruk nipis manis, maka Anda hanya akan menambah 43 kalori untuk tubuh. Di samping itu, jeruk nipis manis juga rendah kandungan protein sehingga Anda mungkin perlu untuk menambahkan elemen protein untuk diet. Untuk semua alasan ini, jeruk nipis manis adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin timbunan lemaknnya cepat terkikis.

Menurunkan berat badan
Pengamat berat badan sering merekomendasikan agar memulai hari dengan segelas air jeruk nipis hangat. Selain memberikan perasaan kenyang, jeruk nipis juga berisi serat dan vitamin C yang membantu menurunkan berat badan. Nah, serat itulah yang menimbulkan perasaan kenyang bagi tubuh.

Pembersih alami
Jeruk nipis hangat bisa membantu detoksifikasi dan membersihkan tubuh Anda dari racun dengan cara membuang semua racun berbahaya yang terakumulasi di tubuh. Ini membersihkan sistem di tubuh Anda, sehingga membuat Anda lebih sehat dan segar.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Jeruk nipis kaya akan vitamn C yang menawarkan perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan penyakit umum lainnya. Dengan sistem kekebalan tubuh yang fit, tubuh Anda terlindungi dari infeksi dan penyakit.

Melawan penuaan
Jeruk nipis memiliki kandungan Vitamin C tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Vitamin C menghilangkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang menyebabkan banyak kerusakan pada kulit Anda. Dengan minum jeruk nipis hangat, itu membantu kulit tubuh melawan kerutan akibat penuaan dini.

Mengatasi masalah sembelit
Sering minum air hangat dengan perasan jeruk nipis menyingkirkan sembelit alias segala penyakit perut dan pencernaan lainnya. Air jeruk hangat akan merangsang dan mengatur gerakan usus Anda sehingga menyembuhkan dari semua rasa sakit dan trauma yang berhubungan dengan sembelit.

Mencerahkan kulit
Efek menghilangkan racun dari tubuh juga bisa membuat kulit menjadi terlihat cerah. Vitamin C dari jeruk nipis membantu Anda terlihat lebih muda. Karena kandungan antioksidan di dalamnya, membuat kulit awet muda.

Meningkatkan Kemampuan Imun disaat Cuaca Ekstrim
Musim dingin adalah waktu yang paling rentan membuat tubuh terserang penyakit seperti dingin dan batuk. Vitamin C di dalam jeruk nipis bisa menjadi solusi tepat untuk membantu Anda terjaga dari serangan penyakit musiman, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu menumpas virus agar tubuh kembali fit di cuaca ekstrim.

Berikut Beberapa Tips dari Buah Jeruk Nipis :


Kecantikan dan kesehatan rambut
Jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe dan mengurangi produksi minyak berlebih di kulit kepala anda khususnya bagi wanita yang berhijab. Jeruk nipis dapat memberikan kesejukan di kulit kepala sehingga mampu mengurangi rasa gatal. Ambil sari jeruk nipis dengan memerasnya dan gosokkan pada kulit kepala lalu pijit dengan lembut. Usapkan secara teratur pada kulit kepala untuk hasil maksimal. Anda juga bisa mencampur perasan jeruk nipis dengan minyak zaitun, apukat, maupun santan untuk menambah khasiatnya.

Sebagai Pelangsing
Ambil 1-3 buah jeruk nipis (tergantung kebutuhan, kekuatan tubuh dan taste Anda) dan jeruk nipis di belah dua dan diperas. Lalu ditambah segelas air putih (200cc, ukuran gelas belimbing). Air yang digunakan adalah air hangat atau air dingin, tergantung selera. Namun, air dingin lebih dianjurkan karena lebih awet kandungan vitamin C nya dan menyegarkan.

Setelah diperas dan dicampur air putih, sebaiknya langsung diminum. Pasalnya, kandungan vitamin c pada jeruk mudah teroksidasi atau menguap. Jika sudah menguap tentu saja kandungan vitamin C nya akan berkurang. Jika belum terbiasa saat tahap awal sebaiknya hanya ambil satu jeruk nipis dicampur air. Atau campurkan 1 sdm madu atau 1 sdt gula agar perut lebih dahulu beradaptasi. Jika Anda merasa sudah kuat, maka bisa minum campuran jeruk nipis dan air tanpa madu dan gula.
Jeruk nipis di campur air dikonsumsi setiap pagi, setengah jam sebelum makan. Jika merasa kuat, campuran ini bisa di minum 2x sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Satu jam sebelum tidur sebaiknya minum segelas jeruk nipis atau jeruk lemon yang ditambah teh hijau. Jeruk nipis dicampur air bisa diminum setiap hari, pada pagi hari. Tetapi sebaiknya dalam seminggu diberi jeda satu hari.

Jeda waktu ini dilakukan agar tubuh dapat merangsang dan meningkatkan antibodi, serta sebagai imun tubuh. Selama menjalani terapi jeruk nipis dicampur segelas air, sebaiknya Anda juga memperbanyak minum air putih agar lemak lebih cepat luruh. Sementara untuk kebutuhan serat makanan bagi tubuh, Anda dapat mengkonsumsi satu buah jeruk per hari. Tiap buah jeruk ukuran sedang memiliki kandungan serat makanan sekitar 3.0 kg. Semakin asam, maka semakin banyak kandungan vitamin C-nya.

Menurunkan Panas Demam
Manfaat jeruk nipis untuk obat panas atau demam akibat malaria. Pertama, siapkan 3 lembar daun jeruk nipis, daun kendala, dan 5 lembar daun prasman. Rebus semua daun pada 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Tunggu dingin, saring airnya, bagi menjadi dua untuk diminum pada pagi dan sore hari.

Kebugaraan Tubuh
Minum sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan satu buah jeruk nipis, dan sedikit irisan gula merah sebanyak satu kali dalam seminggu agar stamina tubuh terisi kembali.

Mengatasi Anyang – anyangan
Siapkan 2 dua buah jeruk nipis, iris, dan peras sebelumnya di cuci terlebih dahulu.
Tambahkan gula batu secukupnya pada air perasaan tersebut, campur dengan air panas, aduk.
Minum hangat sehari sekali hingga masalah anyang – anyang melayang.

EFEK SAMPING JERUK NIPIS


Sakit perut. Konsumsi jeruk nipis berlebihan dalam sehari dapat menyebabkan sakit perut karena kondisi perut yang asam dalam waktu lama sehingga menyebabkan selaput lendir pada saluran pecernaan mengalami iritasi.
Sering buang air kecil. Pengobatan dengan minum perasan jeruk nipis akan membuat Anda lebih sering mondar-mandir ke kamar mandi untuk buang air kecil, ini merupakan efek samping terlalu banyak konsumsi buah jeruk nipis.
Sakit kepala dan migren. Sebuah penelitian telah menemukan penyebab umum dari sakit kepala dan migren, yakni senyawa asam amino bernama tyramine yang tersimpan dalam jeruk nipis. Kandungan ini akan meningkatkan aliran darah ke otak secara spontal sehingga timbul gejala seperti migren akut atau sakit kepala kronis.
Kulit terbakar. Berlebihan melakukan perawatan kulit dengan jeruk nipis atau lemon akan membuat kulit mudah terbakar, karena itu batasi penggunaannya.
Peningkatan kadar zat besi. Terlalu banyak konsumsi jeruk nipis akan mendorong sistem pencernaan untuk menyerap zat besi melebihi batas normal. Kelebihan zat besi dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh dapat menyebabkan gangguan seperti hemokromatosis.

Upss baca juga artikel ini yaa : khasiat dan efek samping semangka


*Terimakasih atas kunjungan anda, jika artikel ini bermanfaat mohon di share ^_^

71 Responses to "KHASIAT DAN EFEK SAMPING JERUK NIPIS"

  1. Thanks for artikel..saya sekarang hampir tiap pagi siang dan malam minum air jeruk nipis hangat..yg saya rasakan..pertama badan saya jadi nggak gampangan sakit..mag saya nggak kambuh lagi..lingkar pinggang menyusut dalam seminggu 3 cm.. Asal 95 sekarang 90 baru dua minggu jalan soalnya...mudah mudahan semakin sehat..allahuma aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga sudah berkunjung, Semoga selalu diberi kesehatan selalu.. :)

      Delete
  2. Saya suka minum air jeruknya di campur air hangat pagi bangun tidur,,al hasil bb ku turun 4kg 2 minggu,,sangat" luar biasa..boleh di coba sendiri(yg g punya riwayat sakit magh)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah turun 4 kg mba, klo temen saya cuma 1,8 kg.. mantap mba khodijah

      Delete
  3. Sudah beberapa hari ini saya mengalami anyang anyangan.. stlh saya coba dengan air perasan jeruk nipis alhamdulilah membaik. Semoga lekas sehat aamiin

    ReplyDelete
  4. perasanya disaring dulu apa langsung diminum ama ampasnya, thanks

    ReplyDelete
  5. Pagi ini teman saya sakit.
    Dia memyalahkan jeruk nipis yang dia konsumsi.dia pemula namun cara minumnya nikin saya kaget..jeruk yang diminumnya diperas dan langsung diminum tanpa dicampur air atau madu.
    Saya blang cara konsumsinya yang salah.bukan jeruk nipisnya.
    Teman2 yg lain ikut berkomentar ttg 'buruknya' jeruk nipis.kata mereka itu maslaah kepercayaan saja.malah ngambil contoh kasus ponari.yg katanya bisa cocok bisa ngga buat sbagian orang.
    Pgnnn rasanya jelasin detail..tapi kebru males.udah pada ngotot.
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya kalau masalah itu mengkonsumsinya secara berlebihan, jadi bukan sehat yang kita dapat melainkan sebaliknya.. kalo udah kena sakitnya cara mengatasinya berhenti mengkonsumsi jeruk nipis sampai badan benar2 sehat, intinya mengkonsumsi jeruk nipis jangan berlebihan seminggu 2x atau 3x itu udah cukup

      Delete
  6. benar gk jeruk nipis bs buat terapi hamil??kira klw konsumsi trll bnx perhari dr 2buah 4 smpe 14buah slm 14hri it bahaya???

    ReplyDelete
  7. gmn klw konsumsi tiap hri jeruk nipis 2buah 4buah smpe 14buah perhari selama 14hri turut2 ap itu berbahaya, soalnx baca di artikel buat terapi kehamilan

    ReplyDelete
    Replies
    1. secukupnya aja, ngga usah sampai 14 buah perhari umumnya 2 buah sudah cukup untuk orang dewasa, namun untuk orang yang sedang hamil atau menyusui membutuhkan 25mg/hari jadi 2 setengah jeruk nipis kira2. kelebihan jeruk nipis dengan dosis yang tinggi berakibat terganggunya penyerapan B12, B12 ini berperan sebagai fungsi syaraf otak dan sel darah merah. Selain itu dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare.
      Kalo menurut saya pribadi jangan 14 hari berturut2 dikasih jarak ya seminggu 4x atau 3x dan cukup 2 buah sehari..

      Delete
  8. katanya sakit magh bisa juga minum perasan jeruk nipis yaa.. bner gak.. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan liat komentar bawa nickname sutikno gresik, semoga nambah pengetahuan mas ^_^

      Delete
  9. Apakah minimum jeruk nipis setiap pagi aman untuk email gigi ?

    ReplyDelete
  10. klo salah satu kasiatnya bsat plangsing trus apakah pengaruh trhadap orng yg awalnya sdh kurus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya ngga pengaruh, temen ada yang mengkonsumsinya cuma takarannya yg berbeda seminggu 1x buat menstabilkan badan

      Delete
  11. Ada perbedaan memang informasi yang kita terima dari para medis dan yang kita baca dari praktisi makanan sehat.

    Kalo dokter jelas2 tidak menyarankan karena akan meningkatkan asam di lambung karena sifat asam dari jeruk nipis tersebut.

    Sementara praktisi makanan sehat mengatakan sebaliknya. Dimana sifat asam pada jeniper akan diubah menjadi basa yang akan membersihkan tidak saja asam lambung tapi juga racun dalam tubuh.

    Temen saya yang kebetulan sakit mag mencoba setiap pagi minum segelas air hangat dicampur satu buah perasaan jeruk nipis. Dan katanya sih mag nya justru sembuh. Katanya ya....

    Karena diabtahu saya sering terserang asam urat, makanya dia nyaranin saya untuk mencoba tapi bertahap dengan dimulai setengah perasan dulu atau bahkan seperempatnya. Dan secara bertahap ditambah setengah sampai satu butir untuk memberi kesempatan tubuh beradaptasi.

    Jedah seminggu sekali sesuai saran penulis menurut saya betul karena kita semua percaya semua kalo berlebihan itu tidak baik...

    Dan yang paling penting kita pahami, semua itu gak lepas dari campur tangan Allah. Mudah2an saya cocok dan diberi kesembuhan oleh Allah... aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah 2 tahun wajib minum air jeruk nipis stelah bangun tidur pagi star air jeruk nipis , berat badan saya stabil langsing berotot perut sixpack dari badan saya gendut 60kg , now stabil 47, 48,49

      Delete
    2. Saya sudah 2 tahun wajib minum air jeruk nipis stelah bangun tidur pagi star air jeruk nipis , berat badan saya stabil langsing berotot perut sixpack dari badan saya gendut 60kg , now stabil 47, 48,49

      Delete
    3. Makasih mas info dan masukkannya, buah semua punya khasiat hanya saja jangkanya panjang, tapi yang saya herankan buah jeruk nipis ini cepet terasa manfaatnya, banyak temen2 juga merasakannya dengan cepat

      Delete
  12. Alhamdulillah... Jd tambah faham ttg manfaatnya buah jeruk...dan Istiqomah dlm mjlani dietnya....,

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah.... Jd semangat utk dietnya...

    ReplyDelete
  14. Selamat pagi and salam Sejahtera
    Saya sangat berterimaksih dgn adanya artikel ini, krena saya bisa mengetahui ternyata jeruk nipis bisa memperlancar pecernaan, membwat BAB lancar dan mengobati wasir. dari desember 2014 saya diserang penyakit wasir dalam yg diponis sdah stadium akhir dan hrus menjalani operasi, namun ortu tdak mengizinkan utk operasi dan akhirnya minum obat cina rutin, ya awalnya mengkonsumsi obat cina memang ada perubahan namun setelah dihentikan pemakaiannya wasir kembali kambuh lagi,saya mengkonsumsi obat cina dari januari 2015 - agustus 2015, dan yg rutin tiap bulan saya beli salep 40.000 dan kapsul 40.000 sebulan 3 kali beli sdangkan vitamin saya konsumsi sdah 3 botol, yg tahap 1 harganya 270.000 utk 3 blan, tahap 2 145.000 utk satu bulan, tahap 3 utk satu blan. dan saya hentikan mengkonsumsi pda awal september dan disini sya sdah mulai mengkonsumsi air hangat jeruk nipis sampai sekarang, Alhamdulillah klw BAB sdah ngk ada rasa sakit lagi, trus BABnya udh lancar, walaupun sdah ngk mengkonsumsi obat cina,terimaksih Tuhan ats nikmat yg kw berikan, melalui artikel ini saya dpt menghemat duit saya.sekarang saya tdak perlu mengeluarkan duit lebih banyak utk membeli obat cina cukup membeli jeruk nipis 10.ooo/Kg sdh bisa berobat alami..

    ReplyDelete
  15. I think your blog is very nice to read by readers and are very useful to the reader, and if you do not mind please updating your blog, in order to be great
    dewa poker

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah saya sudah merasakan khasiat minum air jeruk hangat+madu di pagi hari.. asalkan konsumsi rutin..

    ReplyDelete
  17. selamat pagi semua para pembaca selamat beraktifitas,
    pengalaman saya awal mula minum air jeru nipis di malam hari saya susah tidur semalaman paling saya tertidur kurang dari 1 jam, malam brikutnya alhamdulillah sudah ada perubahan setelah minum jeruk nipis, 1 minggu setelah saya minum jeruk nipis badan saya berasa enak dan ringan walaupun saya masih gemuk tapi saya pede dan badan saya terasa turun padahal saya baru 1 bulan minum air jeruk di malam hari, terima kasih ya allah melalui artikel ini allah memberikan saya kesehatan amin.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur Alhamdulilah saudara Nurianto, semoga sehat selalu, Aamiin...

      Delete
    2. Mkasih sudah membuat artikel ini. Sangat bermanfaat. Btw sya mau tanya nih, kalo saa konsumsi air jeruk nipis hangat , jeruk nipis nya cuma sedikit apa tetep bermanfaat buat tubuh atau harus satu buah jeruk nipis baru akan bekerja khasiatnya ?

      Delete
  18. Says berbadan kurus tapi saya juga mau sehat dan di detox . Ingin tercukupi vitamin c nya dan ingin putih juga dengan jeruk nipis ini? Tapi tak ingin lebih kurus lagi? Pertanyaanya apa jeruk nipis bahaya untuk si kurus ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bahaya mba, aman kok yang penting jangan berlebihan

      Delete
  19. Mkasih sudah membuat artikel ini. Sangat bermanfaat. Btw sya mau tanya nih, kalo saa konsumsi air jeruk nipis hangat , jeruk nipis nya cuma sedikit apa tetep bermanfaat buat tubuh atau harus satu buah jeruk nipis baru akan bekerja khasiatnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap bermanfaat mba, yang penting jangan berlebihan..

      Delete
  20. Kalo jeruk nipis bisa untuk mnurunkan berat bdn brrti yang kurus, g boleh minum yah entar tambah kurus dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mba ayunita chan, yang penting dikit ajaa biar badan kita dapat vit C. Vit C juga nggak mesti di jeruk nipis

      Delete
  21. Kalo jruk nipis itu bisa buat nurunin brat badan, berarti yang brbadan kurus, kalo minum tambah kurus dong? Ato gmn yah? Cmiiw..

    ReplyDelete
  22. Kalo jerut nipisnya di iris trus direndam ke air panas trus didinginkan lalu diminum kira2 boleh gk ya mas karna direndam beserta kulitnya...mohon info

    ReplyDelete
  23. Kalo jerut nipisnya di iris trus direndam ke air panas trus didinginkan lalu diminum kira2 boleh gk ya mas karna direndam beserta kulitnya...mohon info

    ReplyDelete
  24. Mau nanya bener kah minum jeruk nipis /lemon atau makan yang asem2 buat kandungan rahim kering

    ReplyDelete
  25. sangat bermanfaat..terima kasih infonya..

    ReplyDelete
  26. terimakasih infonya..sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  27. Saya sudah biasa minum dan kalau bb saya naik selalu minum jeruk nipis pasti turun seminggu bisa 3kg hehe karna udh biasa kali yah tubuh sayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba saya pun mersakannya, makasih mba infonya :)

      Delete
  28. Saya ada tinggi kolestorol dan berat badan saya biasanya 48kg..dan skrg tiba2 naik 56kg..waduh terasa berat rasanya beraktivitas..br 3hr kosumsi air jeruk nipis.pagi dan mlm...mudah2an bisa ya kolestorol saya sembuh dan berat bdn sy turun...tmksh yg dah sudi shere khasiat jeruk nipis...

    ReplyDelete
  29. Saya ada tinggi kolestorol dan berat badan saya biasanya 48kg..dan skrg tiba2 naik 56kg..waduh terasa berat rasanya beraktivitas..br 3hr kosumsi air jeruk nipis.pagi dan mlm...mudah2an bisa ya kolestorol saya sembuh dan berat bdn sy turun...tmksh yg dah sudi shere khasiat jeruk nipis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tercapai tubuh idealnya mba, terimakasi juga sudah berkunjung di blog ini, karena pengalaman dari temen2 katanya jeruk nipis termasuk cepet nurunin berat badan. maaf slow respon admin jarang online akhir2 ini

      Delete
  30. Ceruk nipis ternyata juga bisa mengobati sakit gigi lo...buat sering aja berbagi pengalaman dan ini sudah saya buktikan sendiri...dengan cara di kumur...

    ReplyDelete
  31. Jeruk nipis juga bisa untuk menyembuhkan sakit gigi lo...saya juga sudah mebuktikan kasiatnya...mantap jiwa..silah kan mencoba...

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah atas ijin Allah, saya mengkonsumsi jeruk dgn di awali sedikit demi sedikit untuk penyesuaian tubuh ini, karena saya dulu pernah sakit iritasi usus besar yg sdh kronis sdh radang menahun, dan di larang minum jeruk nipis atau yg asam, ygpedas pedas dll. tapi setelah say sembuh dari iritasi usus besar. perlahan saya mulai lagi dgn cara perut kosong pagi banguntdr atau mlm nau tdr, awalnya dikit dgn gula jawa , kadang gula batu kadang dgn madu. lama2 tanpa apa2, alhamdulillah bisa meningkat staminna daya tahan tubuh saya, karena saya ada riwayat alergi. dan jg bisa menjaga BB saya untuk tdk naik tapi stabil, meski sdh agak gemuk. dan jg atas ijin Allah bisa membantu menurunkan kolestrol dan hepertensi saya, meski perlahan yg penting rutin dan butuh waktu yg cukup. Kata dokter ahli penyakita dalam yg cukup terkenal di jogja, sewaktu saya ikut seminar untuk persiapan atau menjelang manula,katanya boleh mengkonsumsi sehari 2x.begitulah pengalaman saya. smg atas ijin Allah SWT, bisa bermanfaat bagi kita smua.aamiin

    ReplyDelete
  33. Berapa butir minumnya sehari mbak??
    Pengen nyoba,mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgn patokanya sehari mba rita, patokannya seminggu 3 ato 4x..

      Delete
  34. Jeruk nipis plus teh hijau sehat &langsing btw segala yg brlebihan psti tdk baik.minum setiap hari tp hanya 1 buah jeruk nipis.setiap bikin teh sy kasih satu buah jeruk nipis.sehat seger dn.lancar bab.sbnrnya mo teh hijau mo teh biasa segerr aja klo d kasih jeruk nipis lebih bersemangat hidup ini.yg jelas buat terapi kesehatan yg air hangat plus jeruk nipis.tp klo udara lg panas ake.batu es segeeeerr di tambah sari ketimun yg d paruut endang hmmm....

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba masukkannya, kayanya tambah semangat hidup sehat kalau jeruk nipis dibikin kaya gitu ^_^

      Delete
  35. Saya gak bisa minum jeniper pagi2 dlm kondisi perut kosong soalnya perut pasti perih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa sebaiknya diisi nasi atau roti terlebih dahulu mba

      Delete
  36. Allhamdulillah artikel ini sangat bermanfaat..terimakasihh😊

    ReplyDelete
  37. Allhamdulillah artikel ini sangat bermanfaat..terimakasihh😊

    ReplyDelete
  38. Jeruk nipis jan sipp..
    Artikel nya bermafaat.

    ReplyDelete
  39. Boleh gak ya kalo minumnya sehari setengah butir jeruk nipis? Saya terkena anyang anyangan dan katanya jeruk nipis bagus untuk penderita anyang anyangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kak, asal dalam waktu seminggu dikasih jeda 2 atau 3 hari

      Delete
  40. Waaacchhh.....
    Sya mau nyoba nich....
    Doakan saya y....semoga berat badan saya turun....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap, semoga cepet turun biar badan enteng ^_^

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel