-->

Khasiat dan Efek Samping Semangka



Khasiat dan efek samping Semangka - Siapa si yang tidak tahu buah satu ini, ya benar ini buah semangka. Buah ini memiliki 2 jenis warna dagingnya ada warna merah dan kuning, kulitnya keras. Semangka lebih subur dan besar di cuaca yang dingin. Buah semangka memiliki rasa yang manis, mengandung banyak dan efek mendinginkan. Jadi sangat pas jika mengkonsumsi buah semangka di siang hari yang terik karena akan sangat menyegarkan. Asal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Merupakan buah yang berkerabat dengan timun dan melon, mungkin itu sebabnya semangka berbahasa inggris Watermelon.

Buah Semangka memiliki nama yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya di Indonesia. Seperti di Jawa, buah ini dikenal dengan sebutan Semongka, Ghuleng-ghuleng atau juga Watesan.

Di Maluku, buah manis ini disebut Mendikai, di Lampung disebut Lamua dan di Sumatera dikenal dengan beberapa nama Mandike, Kalambosa, dan juga Kamandriki.

Semangka merupakan buah yang kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, energi, lemak, serat pangan, gula, protein dan air. Jenis vitamin pada buah ini misalnya betakaroten, tiamin (Vit. B1), riboflavin (Vit. B2), niacin (Vit. B3), vitamin B5, asam pantotenat, vitamin B6, folat, dan vitamin C. Sedangkan mineral yang tertanam di dalamnya adalah kalsium, fosfor, kalium, magnesium, seng, dan zat besi.

Berikut Khasiat dan Efek Samping yang di Berikan dari Buah Semangka :


Menambah Tingkat Kesuburan Pria
Percobaan dilakukan oleh All India Institute of Sciencces New Delhi pada 30 pria yang tidak subur dengan usia sekitar 23-45. Para pria tersebut diberikan 20 mg lycopene dua kali dalam sehari selama 3 bulan.
Hasilnya, mereka mengalami peningkatan jumlah sperma, peningkatan pergerakan sperma, dan juga adanya perbaikan struktur sperma. Dan dari 30 pria tersebut, ada 6 orang diantaranya yang kemudian berhasil menghamili istrinya.

Menetralkan Tekanan Darah Tinggi
Studi kecil terhadap suplemen ekstrak semangka menunjukkan keefektifitasannya dalam menormalkan tekanan darah tinggi pada orang gemuk dan setengah baya. Dengan kalium dalam semangka penyakit hipertensi bahkan stroke dapat dikurangi risiko terburuk mengalami peningkatan.

Meremajakan kulit
Untuk meremajakan kulit, ambil 100 gram semangka, kemudian hancurkan. Aplikasikan semangka sebagai masker pada seluruh wajah sehingga wajah terasa lebih dingin, segar dan lembab. Efek masker semangka ini juga membersihkan debu dan kotoran hingga ke dalam pori-pori, dengan cara alami yang aman.

Mengurangi Lemak Pada Tubuh
Semangka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan citruline yang mana berperan mengurangi lemak berlebih yang berada di dalam tubuh anda. 

Menghilangkan noda hitam di wajah
Sebagai scrub, semangka juga efektif mengatasi noda hitam di wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan 100 gram semangka dengan 2 sdm garam. Kemudian scrub dan massage dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 15 menit sebelum dibilas, dan rasakan kulit yang lebih bersih dan bersinar.

Obat Jerawat
Jika Anda biasa kerja di luar ruangan, wajah akan menerima banyak bakteri yang berasal dari polutan di udara, asap rokok, dan lingkungan sekitar. Hal tersebut akan merusak kesehatan kulit wajah, salah satu masalah yang umum terjadi adalah jerawat.
Oleh sebab itu, jika Anda ingin tetap terlihat segar dan bersih, sehabis kerja luangkan sekitar 20 menit untuk melakukan perawatan wajah dengan buah semangka. Caranya dengan menempelkan cairan yang diperoleh dari jus semangka menggunakan kapas pada seluruh area wajah. Biarkan mengering selama 15 menit, kemudian bilas pakai air dingin.

Mempercepat Proses Penyembuhan
Selain lyopene, buah Semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang baik digunakan dalam pembelahan sel dan proses penyembuhan luka. Citrulline itu biasanya terkandung dalam bagian putih buah Semangka yang biasanya tidak dimakan.

Khasiat Semangka Disaat Hamil
The American Pregnancy Association menyarankan semua bumil untuk konsumsi minimal tiga iris buah semangka tiap hari. Tetapi ada juga tambahan dari “International Journal of Gynecology dan Obstetrics”, kelebihan konsumsi makanan tinggi likopen seperti semangka dapat mengurangi risiko pengembangan preeklampsia selama kehamilan. 
Kondisi tersebut dapat mengurangi dampak negatif yang cukup serius pada sang ibu dan bayi yang diakndungnya. Mengasup tubuh dengan likopen berlebih saat hamil akan mengurangi risiko bayi mengalami kelambatan tumbuh kembang dalam kandungan.

EFEK SAMPING SEMANGKA


1. Gastrointestinal
Berhati-hatilah, mengonsumsi likopen dalam jumlah berlebih. Karena membuat perut tidak nyaman yang disebut gastrointestinal. Menurut The American Cancer Society konsumsi likopen berlebih akan lebih mudah terserang mual, perut kembung, bahkan diare. Pilihlah antara tomat atau semangka untuk satu hari, hindari mengonsumsi keduanya karena akan memicu efek samping ini.

2. Impotensi
Konsumsi semangka dalam jumlah besar bisa menimbulkan efek yang sama seperti obat sildenafil pemicu disfungsi ereksi, menurut peneliti dari Texas A&M University. Senyawa arginine berperan memproduksi sitrulin setelah semangka dikonsumsi. Sitrulin inilah yang menstimulasi nitrat oksida yang akan merenggangkan pembuluh darah, sama seperti sistem kerja sildenafil. Meskipun mengonsumsi semangka dalam jumlah besar bisa memicu impotensi, namun ekstra oksida nitrat dalam semangka dapat membantu melancarkan aliran darah pria ketika ereksi bahkan meningkatkan kesehatannya pula.

3. Kenaikan kadar gula darah pada ibu hamil
Selama masa kehamilan, psikologis dan fisiologis calon ibu tengah tidak stabil, dan konsumsi semangka berlebihan bisa meningkatkan kadar gula darah bisa memicu diabetes.
Itulah beberapa manfaat dari buah semangka. Ternyata tanpa kita sadari buah semangka memiliki banyak khasiat dan manfaat yang bisa menyehatkan tubuh. Namun jika di konsumsi berlebihan bisa berakibat buruk pada Pencernaan dan Ginjal.

Upss baca juga artikel ini yaa : khasiat dan efek samping rambutan

*Terimakasih atas kunjungan anda, jika artikel ini bermanfaat mohon di share ^_^

0 Response to "Khasiat dan Efek Samping Semangka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel