-->

Khasiat dan Efek Samping Kelapa Muda



Khasiat dan efek samping kelapa muda - Buah kelapa kadang juga disebut buah ajaib sebab seluruh bagian pohon ini dapat dimanfaatkan manusia untuk keperluan sehari-hari seperti daunnya bisa dibuat lidi dan sapu, pelepahnya buat kayu bakar, sampai dengan air dan buahnya yang berguna bagi kesehatan.

Air kelapa merupakan minuman isotonik yang sangat kaya akan nutrisi alami. Ia memiliki kandungan elektrolit, klorida, kalium, natrium, protein, dan magnesium yang sangat tinggi. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan gula dalam jumlah sedang.  Air kelapa ini juga merupakan sumber serat, mangan, kalsium, riboflavin dan vitamin C.

Berikut Khasiat dan Efek Samping Kelapa Muda :


Melawan Morning Sickness
Morning sickness merupakan gangguan semasa kehamilan yang ditandai dengan mual maupun muntah. Biasanya gejala ini akan hilang saat usia kandungan mencapai 3 bulan. Kandungan elektrolit dalam manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh akibat terjadinya muntah.


Menjernihkan air ketuban
Kandungan elektrolit dan antioksidan dalam air kelapa hijau dapat membersihkan dan menjernihkan air ketuban. Kedua zat tersebut mampu menyerap lendir serta kotoran yang terdapat dalam air ketuban. Hal ini menunjukkan bahwa mitos yang selama ini beredar dalam masyarakat yang mengatakan bahwa air kelapa dapat membuat kulit bayi menjadi putih, adalah salah. Yang benar adalah  air kelapa membuat air ketuban menjadi bersih.


Mencegah Dehidrasi

Mempelancar Pengeluaran Air Seni

Mengurangi efek alkohol

Memperbaiki Sistem Imunitas

Mencegah Penggumpalan Susu
Susu yang dicampur dengan air kelapa muda amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.


Membuat kulit bayinya bersih saat dilahirkan 
Air kelapa memang mengandung beragam vitamin. Diantaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Vitamin C sendiri berfungsi sebagai antioksidan, pemeliharaan kulit, dan membantu pembentukan jaringan kolagen. Kolagen sendiri sangat dibutuhkan untuk integritas struktur sel di semua jaringan ikat, juga untuk kelenturan serta kekenyalan kulit. “Jadi, vitamin C dan kolagen yang terdapat pada air kelapa yang diminum oleh seorang ibu yang sedang hamil, bisa membantu menjadikan kulit bayi menjadi lebih bersih dan kenyal,” terang dr. Endang Peddyawati, MS, SpGK., spesialis gizi klinik dari RSUP Persahabatan, Jakarta.


Menetralisir Racun 
Air kelapa memang mengandung antidotum tapi tidak untuk semua jenis racun. Air kelapa dapat membantu mengeluarkan racun jika masih terdapat dalam lambung dengan cara memuntahkan atau membilasnya. Bila racun tersebut sudah telanjur menyelusup ke dalam darah, pemberian air kelapa hanya akan membantu mengencerkannya, sehingga bisa dikeluarkan melalui ginjal.


Mencegah kram
Semakin bertambahnya usia kehamilan, maka hal tersebut dapat meningkatkan resiko terjadinya kram pada kaki bagi beberapa wanita. Kandungan beberapa senyawa kimia dalam air kelapa hijau seperti kalium, dapat dijadikan alternative utama untuk menyembuhkan gangguan tersebut.  Segelas air kelapa hijau  atau setara denagan 330 ml, dapat menyajikan hingga 670 mg kalium. Itu berarti sekitar 14% kebutuhan pasokan kalium semasa kehamilan bisa dipenuhi oleh air kelapa hijau. Selai itu, manfaat anggur bagi ibu hamil juga meredakan pembengkakan.


Air Kelapa Dapat Menyembuhkan Jerawat. 

Adapun cara pembuatan ramuannya adalah sebagai berikut : 
25 gr pasta kunyit dicampur dengan segelas air kelapa dan dibiarkan sernalam, kemudian ditambah dengan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disisihkan (disimpan) lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Ramuan tersebut kemudian disaring dengan tiga lapis kain kasa, disimpan dalam botol, dan digunakan dengan cara dioleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat hilang.


Air kelapa berkhasiat sebagai obat luka, gatal-gatal, telapak kaki pecah, dan eksim. 

Adapun cara pembuatan ramuannya adalah sebagai berikut : 
Segenggam beras direndam dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling hingga menjadi tepung (bubur halus). Tepung beras tersebut dioleskan setiap hari selama 3 — 4 hari pada bagian tubuh yang sakit.


Mencegah Tumbuhnya Uban
Air kelapa hijau yang dicampur dengan 1 sendok teh garam dan digunakan untuk cuci rambut, berkhasiat mencegah tumbuhnya uban.


Efek Samping Kelapa Muda


Dapat menyebabkan diare
Minuman ini memang rendah lemak, namun hindari konsumsi terlalu banyak. Minum dalam kadar tepat akan membantu menurunkan berat badan, tapi jika berlebihan dapat menyebabkan diare.


Bagi penderita gangguan ginjal, air kelapa dapat membahayakan kesehatan jantung
Untuk mengikis batu ginjal dapat dilakukan dengan minum air kelapa. Cara ini berlaku bagi penderita batu ginjal ringan. Sedangkan bagi penderita yang telah mengalami penurunan fungsi ginjal, kondisi organ tubuh ini harus diperiksa oleh dokter. Hal ini terkait fakta bahwa kalium dan elektrolit di dalamnya berpotensi menyebabkan hiperkalemi. Bagi orang yang mengalami penurunan fungsi ginjal, minum air kelapa dapat membahayakan organ jantung. 


Dapat menyebabkan Kejang otot
Hindari minum air kelapa ketika anda sedang melakukan sebuah perjalanan jauh. Efek samping yang ditimbulkan adalah kejang otot dan kelelahan. Hal ini berhubungan dengan kalsium yang dikandung oleh minuman ini.


Upss baca juga artikel ini yaa : khasiat dan efek samping anggur



*Terimakasih atas kunjungan anda, jika artikel ini bermanfaat mohon di share ^_^ 

0 Response to "Khasiat dan Efek Samping Kelapa Muda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel