-->

Khasiat dan Efek Samping Rambutan



Khasiat dan manfaat Rambutan – Kalian pasti tahu buah yang satu ini kan yang memiliki bentuk yang unik memiliki rambut di bagian luarnya. Buah ini tumbuh subur di iklim tropis dan buah rambutan ini tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau disebut juga sapindaceae, yang berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara seperti Indonesia, Filipina, Kamboja, Malaysia, Sri Lanka, Thailand, Australia, India, Ekuador, Afrika, Amerika Tengah dan juga Kepulauan Caribean.

Ternyata buah ini memiliki banyak kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C dari buah rambutan ini juga mencegah sel-sel tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas. Hal ini juga membantu dalam penyerapan zat besi dalam tubuh. Buahnya mengandung tembaga yang penting untuk pembentukan sel-sel darah putih dan merah juga mangan, yang diperlukan untuk memproduksi dan mengaktifkan enzim.

Berikut khasiat dan Efek samping yang ada pada buah rambutan :



Untuk Mencerahkan Kulit


Jika anda berfikir jika biji rambutan ini tidak bermanfaat anda salah besar karena tak hanya buahnya saja yang wajib anda sukai namun bijinya juga. Bagi anda mempunyai masalah dengan kulit yang kusam dan kasar? Jangan khawatir, biji rambutan juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit Anda. biji rambutan dapat dimakan dan dikunyah secara langsung atau dicampurkan kedalam makanan tertentu. Biji rambutan secara efektif dapat membuat kulit menjadi lebih sehat serta lembut. Tak hanya itu warna kulit wajah pun dapat menjadi terlihat lebih lembut.

Untuk Perawatan Rambut

Daun rambutan juga bermanfaat untuk menghitamkan rambut. Berikut adalah tips penggunaan daun rambutan untuk menghitamkan rambut:
  • Ambil daun rambutan secukupnya, kemudian cuci bersih.
  • Tumbuk daun rambutan sampai halus, lalu tambahkan sedikit air dan peras, ambil airnya.
  • Kemudian usapkan air perasan daun rambutan tersebut pada seluruh bagian rambut.
  • Lakukan hal ini secara teratur sebelum mandi, niscaya rambut Anda akan semakin hitam tanpa harus menggunakan pewarna rambut yang berdampak negative.
Mengurangi lemak tubuh

Apakan lemak dalam tubuh Anda menumpuk? wah pasti sangat tidak nyaman ya jika tubuh kita memiliki lemak yang berlebih karena akan menyebabkan penampilan tubuh kita jadi kurang menarik dan yang paling menyiksa adalah saat kita ingin membeli baju karena sangat sulit untuk mencari ukuran baju yang besar. Nah  kali ini janganlah Anda tidak perlu lagi khawatir karena lemak dalam tubuh Anda dapat dikurangi dengan mengkonsumsi biji rambutan. Caranya, Anda dapat mengunyah dan memakan langsung biji rambutan. Atau, Anda juga dapat menambahkan biji rambutan kedalam masakan tertentu misalnya kedalam sayuran seperti sayur asem.

Untuk Ibu Hamil

Buah rambutan bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan, sehingga ibu hamil akan terhindar dari masalah buang air besar, diare, sembelit dan mencegah resiko kanker usus besar. Kandungan lain dalam buah rambutan yaitu vitamin E akan membantu mencegah jerawat, penuaan dini, gatal-gatal dan kulit kusam saat masa kehamilan.

Daun Rambutan

Manfaat daun Rambutan tak cuma untuk uban, di beberapa tempat menggunakan daun Rambutan untuk mengobati beberapa penyakit dan keluhan yang diderita. Seperti oleh penduduk suku Lubuk Ulu Legong, Kedah, Malaysia yang menggunakannya untuk pengobatan demam influenza. Daun Rambutan memiliki efek alexiteric, tonik, afrodisiak (peningkat gairah seks) serta digunakan untuk mengobati diabetes. Dalam sebuah penelitian juga membuktikan bahwa ekstrak daun Rambutan memiliki efek analgesik. Tumbukan daun Rambutan yang diambil sarinya bisa mengatasi gangguan pencernaan seperti yang banyak dilakukan penduduk di Filipina.

Manfaat daun Rambutan pun bisa digunakan sebagai tapal untuk meredakan sakit kepala. Nutrisi daun rambutan akan membantu menenangkan saraf dan mengurangi sakit kepala dengan efektif. Bagian tumbuhan lain yang juga bisa digunakan adalah kulit buah rambutan. Rebusan kulit buah Rambutan dapat oleskan di lidah untuk mengobati sariawan. Sementara rebusan akar pohon Rambutan digunakan untuk demam.


EFEK SAMPING BUAH RAMBUTAN


kandungan gula dalam buah rambutan bersifat Alkoholic, yang berarti bila buah ini terlalu masak, maka kandungan gula ini akan berubah menjadi alcohol, sehingga buah rambutan yang akan dikonsumsi dalam jumlah banyak tentu membahayakan. Jadi intinya adalah tidak disarankan memakan buah rambutan bagi penderita kencing manis atau kolesterol, karena kandungan gula yang terkandung di dalamnya.

Upss baca juga artikel ini yaa : khasiat dan efek samping sawo


*Terimakasih atas kunjungan anda, jika artikel ini bermanfaat mohon di share ^_^ .

1 Response to "Khasiat dan Efek Samping Rambutan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel