-->

Khasiat dan Efek Samping Sawo



Khasiat dan efek samping sawo - Buah sawo akan tumbuh subur pada daerah yang beriklim tropis. Sehingga tak mengherankan, buah ini akan tumbuh subur di negara Indonesia kita ini. Buah ini pertama kali ditemukan banyak tumbuh di Amerika Tengan khususnya didaerah Meksiko. Mulai menyediakan dan mengkonsumsi buah sawo di dalam menu makanan harian akan bermanfaat besar bagi kesehatan tubuh anda.

Dengan bentuk dan rasa yang unik, buah ini sangat diminati masyarakat Indonesia. Saat sudah matang, buah berwarna coklat dan berbentuk oval ini cukup manis. Seratnya cukup terasa di lidah. Bijinya yang pipih panjang menyelip di antara daging buahnya.

Pohon yang besar dan rindang, dapat tumbuh hingga setinggi 30-40 m. Bercabang rendah, batang sawo manila berkulit kasar abu-abu kehitaman sampai coklat tua. Seluruh bagiannya mengandung lateks, getah berwarna putih susu yang kental.

Kurang lengkap jika tidak membahas kandungan nutrisi dalam sawo. Di balik bentuknya yang kecil tu, sawo membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Buah sawo memiliki kandungan mineral cukup baik. Buah ini merupakan sumber kalium yang baik, yaitu 193 mg/100 g. Di lain pihak, sawo juga memiliki kadar natrium yang rendah, 12 mg/100 g. Perbandingan kandungan kalium dan natrium yang mencapai 16:1 menjadikan sawo sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah.

Selain kaya kalium, sawo juga mengandung sejumlah mineral penting lainnya. Kandungan mineral lainnya per 100 gram buah sawo adalah: kalsium (21 mg), magnesium (12 mg), fosfor (12 mg), selenium (0,6  mg), seng (0,1 mg), dan tembaga (0,09 mg).

Sawo juga kaya akan vitamin C, yaitu 14,7 mg/100 g. Konsumsi 100 gram sawo dapat memenuhi 24,5 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap hari. Vitamin C dapat bereaksi dengan berbagai mineral di dalam tubuh. Vitamin C berperan penting dalam metabolisme tembaga.

Berikut Khasiat dan Efek Samping dari Buah Sawo :


Memelihara Kesehatan Mata
Buah sawo merupakan sumber vitamin A yang cukup melimpah. Vitamin A dalam buah sawo berperan dalam menutrisi mata.


Mengobati wasir
Di dalam buah sawo terkandung tanin yang cukup tinggi, tanin diketahui memiliki anti-parasit, antivirus, anti-inflamasi dan juga anti-bakteri. Karenanya buah sawo sangat baik bagi penderita wasir.


Mencegah Kanker Usus
nutrisi yang terkandung di dalam sawo seperti antioksidan, serat, vitamin A dan berbagai nutrisi lainnya sangat efektif mencegah kanker usus serta kanker pada rongga mulut.


Menguatkan Tulang dan Gigi
Buah sawo merupakan sumber kalsium, fosfor serta zat besi. Tiga kandungan nutrisi itulah yang dapat membantu menjaga serta membuat tulang dan gigi tetap sehat.


Pencegah Batuk Yang Cukup Efektif 
Ini dikarenakan, buah sawo akan membantu menghilangkan dahak serta lendir pada rongga hidung beserta saluran pernafasan anda.


Untuk Kecantikan Kulit
Buah sawo juga nyatanya memiliki manfaat yang cukup menarik dari segi kecantikan khususnya kecantikan kulit. Buah sawo mengandung vitamin E yang dapat menutrisi kulit dari dalam sehingga kulit akan terlihat sehat dan bercahaya. Bahkan sawo juga dapat menjaga kelembapan kulit sekaligus mengusir tanda-tanda penuaan dini yang nampak pada kulit.

Sebagai Obat Kuat

Resep 1

Bahan membuat Jus Sawo Mentah:
1. Siapkan sawo mentah 2 buah
2. Telur ayam kampung 2 butir (ambil kuningnya)
3. Madu asli 1 sendok makan
4. Susu kental 1 sendok makan
5. Terakhir tape ketan 2 biji aja.

Cara membuatnya sangat mudah:

1. Kupas Sawo mentah tersebut setelah itu cuci bersih sampai getahnya hilang setelah itu belah dua dan buang bijinya lalu parut hingga halus.
2. Masukkan sawo mentah yang sudah diparut tadi kedalam gelas, beri madu 1 sendok dan susu kental 1 sendok, diaduk hingga merata.
3. Anda tambahkan 2 biji tape ketan kedalam campuran sawo mentah, madu dan susu kental, aduk lagi hingga merata, terakhir anda tambahkan 2 biji kuning telur, setelah itu anda aduk lagi sampai merata.
Kalau sudah jusnya siap untuk diminum. 

Lakukan meminum jus sawo mentah secara rutin seminggu sekali, dan dalam waktu 1 bulan sudah terlihat hasilnya. Jika sudah normal maka meminumnya cukup 2 minggu sekali saja.


Resep 2
Ambil 2 atau 3 buah sawo mentah sebesar ibu jari,  dicuci dan makan satu persatu  (setelah makan 2 atau 3 buah sawo mentah jangan minum air putih selama 1 jam) setelah 1 jam makan sawo mentah baru kita bisa lakukan berhubungan dengan istri.

Upss baca juga artikel ini yaa : khasiat dan efek samping kelapa muda


*Terimakasih atas kunjungan anda, jika artikel ini bermanfaat mohon di share ^_^ 

2 Responses to "Khasiat dan Efek Samping Sawo"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel