-->

KHASIAT DAN EFEK SAMPING BAYAM



Khasiat dan efek samping Bayam - Tanaman bayam adalah jenis sayuran yang biasa di konsumsi oleh masyarakat Indonesia sebagai lauk pendamping nasi. Sayuran hijau ini sudah tidak asing di telinga banyak orang. Bisa dibilang, bayam merupakan sayuran yang paling enak sejagad. Apalagi jika dimasak dengan kuah bening, wah.. segar sekali bukan?
Bayam atau sayur bayam atau daun bayam (Spinacia oleracea) adalah tanaman berbunga, sayuran berdaun hijau gelap berasal dari Asia Tengah dan barat daya Asia. Bayam merupakan tanaman tahunan, yang tumbuh hingga ketinggian 30 cm, dapat bertahan hidup selama musim dingin di daerah beriklim, daun bayam sangat bervariasi dalam ukuran panjang sekitar 2-30 cm. Daun Bayam ini sangat dikenal dengan kandungan zat besi di dalamnya, yang sangat penting untuk tubuh. Meskipun terkenal dengan zat besinya, akan tetapi bayam juga memiliki kandungan dan zat gizi lain yang tidak kalah pentingnya untuk tubuh.
Bayam merupakan salah satu sayuran bermanfaat, berdaun hijau terbaik karena dikemas dengan banyak manfaat untuk kesehatan dan nilai gizi. Bayam dapat dimasak atau dimakan mentah, tapi dianjurkan untuk dikukus atau memakannya mentah, misalnya sebagai salad, karena itu bisa mempertahankan nutrisi di dalamnya.
Sayuran yang berasal dari Asia ini memiliki banyak nutrisi termasuk vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Vitamin yang banyak terdapat pada bayam yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E. Sedangkan mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Bayam juga mengandung banyak serat dan antioksidan. Selain itu, sayuran hijau yang satu ini mengandung sedikit kalori dan lemak.

Berikut Khasiat dan Efek Samping Bayam :

Menghambat Penuaan
Bayam kaya akan vitamin A yang dapat menjadi antioksidan untuk kulit. Antioksidan ini dapat membuat sel-sel kulit menjadi lebih sehat dan memperbaiki dari kerusakan sehingga dapat menghambat penuaan. Dilaporkan Livestrong (satu mangkuk bayam mengandung sekitar 943 mikrogram antioksidan ini. Jumlah ini lebih dari nilai harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa). Konsumsi bayam ini sangat disarankan saat kulit banyak berhadapan dengan radikal bebas dari makanan atau polusi udara. Radikal bebas ini dapat menghancurkan sel dan mempercepat proses penuaan.
Melawan Kanker
Kanker disebabkan karena perkembangan sel kanker yang merambat ke jaringan tubuh. Sedangkan bayam memiliki kandungan flavonoid yang memiliki sifat anti kanker di dalamnya. Kandungan flavonoid dalam bayam mampu menurunkan risiko kanker dan mencegah perkembangan sel kanker ke seluruh tubuh. Flavonoid dalam bayam, mampu menurunkan risiko terkena penyakit kanker hingga 34%. Dengan mengkonsumsi bayam, beberapa jenis kanker seperti kanker prostat, kanker kulit, kanker payudara, kanker rahim dan beberapa jenis kanker lainnya, tidak dapat melakukan pembelahan sel kanker di dalam tubuh, sehingga tidak dapat berkembang menjadi jenis kanker yang dapat menggerogoti tubuh manusia.
Mencegah Jerawat
Kandaungan didalam bayam juga dapat mengatasi pertumbuhan jerawat yang meradang. Good health All menyarankan untuk mengaplikasikan masker bayam yang dibuat dengan menghaluskan bayam dengan air.
Gunakan masker berbahan bayam itu selama 20 hingga 25 menit. Masker bayam ini dapat menghilangkan kotoran dan minyak sehingga membuat kulit lebih segar.
Selain dengan masker, mengonsumsi jus bayam yang dicampur dengan beberapa sayuran dan buah lain seperti tomat, wortel dan mentimun juga baik untuk mencegah pertumbuhan jerawat dari dalam.
Menjaga Kesehatan Mata dan Kantung Mata
Kandungan karotenoid yang ditemukan pada bayam, seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, mampu melindungi Anda terhadap penyakit penglihatan terkait usia, misalnya rabun senja dan degenerasi makula.
Lingkaran hitam di bawah mata yang disebabkan oleh kurang tidur, gen, alkohol, atau penuaan dapat diatasi dengan mengonsumsi bayam. Satu mangkuk bayam dapat mengandung hampir 900 mikrogram vitamin K. Padahal, yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya sekitar 120 mikrogram untuk laki-laki dan 90 mikrogram untuk perempuan.
Bayam Dapat Mempertahankan Usus Yang Sehat
Beta-caroten dan vitamin C yang terkandung dalam bayam bekerja untuk melindungi sel-sel usus besar dari efek berbahaya terhadap radikal bebas. Folate ditemukan dalam bayam juga membantu mencegah mutasi dan kerusakan DNA dalam sel usus.
Mencegah Anemia pada Ibu Hamil
Dalam hal ini bayam bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil, kenapa? Karena kandungan kalsium dan zat besi dalam tanaman bayam berperan sebagai zat pembantu dalam pembentukan sel darah merah. Sehingga kebutuhan darah bagi ibu hamil dan kebutuhan darah bagi rahim terpenuhi dengan baik.
Minim Akan Kalori
Sayuran hijau seperti bayam mengandung kalori yang rendah. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu cup atau setara dengan 250 gram bayam mentah hanya memiliki sekitar tujuh kalori saja, sehingga sangat bagus bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.
Mengurangi Nyeri Kehamilan dan Melancarkan Saluran Pencernaan
Ibu hamil biasanya memiliki banyak keluhan salah satunya adalah keluhan terhadap rasa nyeri yang biasa terjadi di kehamilan usia 4 bulan ke atas. Nyeri tersebut biasanya terjadi karena berat badan bertambah serta perubahan hormon tubuh secara cepat sehingga tulang dan otot terasa nyeri.
Selain itu, ibu hamil tua biasanya juga mengalami masalah pada saluran pencernaan. Mulai dari susah buang air besar hingga diare, dalam hal ini konsumsi bayam akan sangat membantu anda. Karena kandungan serat yang tinggi dalam bayam akan membantu melancarkan sistem pencernaan anda.
Untuk mengatasi masalah nyeri pada ibu hamil, sayur bayam memiliki kandungan agen anti inflamasi dan glikolipid yang mampu meredakan rasa nyeri pada sendi dan otot ibu hamil. Akibat pertumbuhan janin dan berat badan yang terus meningkat.
Meningkatkan Kesehatan Otak
Bayam dikenal sebagai salah satu sayuran yang penting bagi kesehatan otak. Kandungan mineral seperti asam folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan antioksidan yang dimilikinya dapat membantu mencegah gangguan fungsi neuronal dan kognitif otak.
Meningkatkan Metabolisme
Protein yang terkandung dalam bayam juga dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, menyisipkan bayam dalam menu sehari-hari juga akan membuat perut tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.
Menurunkan Berat Badan
Bagi beberapa orang yang mengalami masalah berat badan, diet meruakan salah satu cara yang dilakukan untuk mengembalikan tubuh agar tetap ideal. Salah satunya dengan mengkonsumsi banyak sayuran dan menghindari makanan berlemak. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bagus untuk membantu menurunkan berat badan karena kandungan serat di dalam bayam.
Bayam Dapat Mengobati Pendarahan Gusi
Sebuah campuran bayam dan jus wortel sangat membantu dalam mengobati gusi berdarah yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C dan asupan gula terlalu banyak.
Mencegah Diabetes
Zat yang terkandung di dalam bayam mampu menurunkan gula darah dalam tubuh. Untuk menstabilkan gula darah, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi bayam setiap hari. Gula darah yang stabil dapat mencegah risiko naiknya kadar gula darah bagi beberapa penderita diabetes. Selain itu, kandungan megnesium dalam bayam juga membantu mencegah terjadinya komplikasi pada penderita diabetes.
Bayam dapat melindungi kulit terhadap sinar Ultraviolet
Vitamin B dalam bayam membantu dalam melindungi kulit dari sinar matahari terutama UV. Ini memastikan memiliki kulit bersinar sehat.
Bayam dapat mempromosikan kehamilan sehat
Tumbuhnya janin memerlukan folate untuk pengembangan yang tepat dari sistem saraf baru. Vitamin A ditemukan dalam bayam juga dibutuhkan dalam pengembangan paru-paru janin dan selama menyusui.
Bayam dapat mencegah osteoporosis
Secangkir daun bayam segar menyediakan Nutrisi hampir 200% dari nilai harian untuk vitamin K. Jumlah tinggi vitamin k dalam bayam sangat penting untuk memberikan asupan kalsium dalam tulang, sehingga penting untuk mencegah osteoporosis. Selain itu, mineral lainnya seperti magnesium yang hadir, zinc, copper dan phosphorus dalam bayam juga membantu dalam membangun tulang yang kuat.

Efek Samping Daun Bayam :

Manfaat dan bahaya bayam memang dua hal yang tidak bisa di sepelekan. Bayam memang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, namun juga berbahaya jika di konsumsi tidak sesuai aturan atau cara pengsajiannya tidak sesuai prosedur. Bahaya bayam bagi kesehatan adalah sebagai berikut :
Memicu Terbentuknya Batu Ginjal
Sayur bayam mengandung asam oksalat yang cukup tinggi, selain itu purin yang berada pada sayuran ini bisa diserap oleh tubuh untuk membentuk asam urat. Nah asam urat inilah yang dapat menyebabkan pengendapan kalsium dalam ginjal sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan sudah barang tentu akan menyebabkan batu ginjal. Lebih detailnya bahwa kandungan purin dalam sayur bayam termasuk jenis senyawa organik, yang apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan bisa menjadi asam urat. Manusia yang kelebihan asam urat tentu akan memperburuk kesehatan ginjalnya, hal ini disebabkan karena dapat meningkatkan pengendapan kalsium dalam ginjal, dan hal tersebut dalam waktu tertentu akan membentuk batu ginjal. Untuk itu meskipun suka atau senang dengan sayur bayam, lebih baik mengkonsumsi sewajarnya saja dan jangan berlebihan agar terhindar dari penyakit batu ginjal.
Kurang Darah atau Anemia
Sayur bayam mengandung zat besi yang cukup tinggi, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan dan terlalu sering, maka sayur bayam justru bisa membuat tubuh kesulitan untuk menyerap jumlah zat besi yang berlebihan tersebut. Seperti diketahui bahwa sayur bayam merupakan makanan nabati yang mengandung jenis zat besi non-heme atau zat besi nabati, dan zat tersebut bersifat sulit untuk diserap oleh usus. Nah… Hal inilah yang justru dapat menyebabkan kekurangan zat besi pada tubuh jika mengkonsumsi sayur bayam terlalu sering atau berlebihan.
Gangguan Perut
Meskipun sayur bayam juga mengandung serat yang cukup tinggi dan sangat baik untuk pencernaan, namun organ pencernaan usus kita membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan sayur bayam tersebut. Oleh sebab itu terlalu banyak dan terlalu sering makan sayur bayam dapat menyebabkan sejumlah gangguan pencernaan, antara lain meningkatnya asam lambung sampai dengan diare. Untuk itu perlu dilakukan pembiasaan secara bertahap dalam mengonsumsi bayam agar terhindar dari berbagai penyakit khususnya pencernaan. Untuk itu dalam mengkonsumsi sayur bayam tidak boleh berlebihan atau terlalu sering agar tidak terjadi persoalan pada pencernaan.
Pemicu Asam Urat
Sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas bahwa sayur bayam mengandung senyawa purin yang cukup tinggi. Selain memicu terbentuknya batu ginjal, mengkonsumsi secara berlebihan terhadap sayuran ini juga meningkatkan jumlah asam urat dan menyebabkan nyeri sendi, radang sendi serta asam urat.
Tips Mencuci dan Mengolah Bayam Agar mendapatkan manfaat bayam yang maksimal, pastikan Anda memroses sayuran ini dengan benar. Berikut tipsnya:-Belilah bayam yang segar untuk mendapatkan vitamin dan nutrisi yang optimal.-Sebelum memasak, cuci bersih bayam dengan benar. Pencucian ini bisa menghilangkan kotoran dan kuman yang menempel pada daun dan batangnya. Cara mencuci bayam yang benar adalah dengan direndam di wadah berisi air, lalu usap seluruh permukaannya. Setelahnya, keringkan dengan handuk bersih atau tisu. Bayam pun siap diproses.-Jika Anda tidak ingin langsung memrosesnya, Anda bisa menyimpan bayam di wadah bersih dan kedap udara, lalu dinginkan di dalam kulkas agar kesegarannya terjaga.-Bayam yang belum sempat dicuci bisa bertahan hingga empat hari, jika dimasukkan ke plastik lalu disimpan di dalam kulkas.Selain memerhatikan cara mencuci dan menyimpan bayam, pastikan juga peralatan dapur Anda terbebas dari kuman dan bakteri. Jangan lupa untuk selalu mencuci peralatan dapur serta spons pencuci piring dengan menggunakan sabun dan air, agar tidak terkontaminasi oleh bakteri dan kuman.Bayam bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan yang mudah dibuat, seperti sayur bening, dan juga tumisan.Catatan untuk Anda, segera habiskan sayur bayam yang Anda buat. Hindari memanaskannya kembali, karena proses tersebut bisa mengurangi kandungan gizi dari bayam
Daun Bayam jika di konsumsi dengan wajar bisa memberikan kesehatan tubuh, sedangkan jika di konsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan penyakit atau efek samping.

Upss baca juga artikel ini yaa : Khasiat dan Efek Samping Selada

*Terimakasih atas kunjungan anda, jika artikel ini bermanfaat mohon di share ^_^

0 Response to "KHASIAT DAN EFEK SAMPING BAYAM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel