-->

Khasiat dan Efek Samping Sawi



Khasiat dan efek samping SawiSawi hijau, dikenal pula sebagai bok choy, merupakan salah satu jenis sayuran yang popoler di daratan China, Filipina, Vietnam, dan wilayah Asia Timur lainnya. Sayur sawi hijau ini sangat rendah akan kalori tetapi tinggi akan nutrisi dengan berbagai manfaat kesehatan yang bisa ditawarkan. Hal tersebutlah yang menarik perhatian dunia, karena tidak hanya dapat diolah menjadi makanan yang enak, tetapi juga sangat bergizi. Sayur yang biasa digunakan sebagai campuran mi dan sup ini sangat mudah didapat di pasar mana saja. Harganya pun juga sangat terjangkau. Jika Anda termasuk penggemar sayur sawi, maka Anda beruntung.

Jenis-jenis sayuran hijau memiliki kandungan vitamin A, karotenoid, vitamin K dan flavonoid yang jauh lebih banyak jika di bandingkan dengan buah-buhan atau jenis sayuran lainnya yang umumnya banyak di konsumsi oleh masyarakat banyak. Dan sawi hijau termasuk kedalam golongan jenis sayuran yang memiliki nilai gizi yang baik. Sawi merupakan gudang fitonutrien yang mana memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan, bahkan bermanfaat dalam pencegahan penyakit.

Sawi adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan nutrisi lengkap, dengan begitu kita bisa mendapatkan manfaat terbaik dari sayuran ini. Jika selama ini Anda meragukan sayuran ini, atau tak pernah mengkonsumsinya, maka setelah membaca ulasan ini, pasti Anda akan berubah pikiran. Sawi adalah salah satu family dari kubis kandungan zat gizi pada sayuran ini banyak dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan dengan alami.

Kandungan zat penting lainnya yang ada dalam sawi diantaranya kalsium, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, folat, mangan  dan juga teptofon. Sedangkan kandungan non gizi yang terkandungan di dalam sayur sawi yaitu mengandung serat fiber yang cukup tinggi. Karena berbagai kandungan gizi dan nutrisi inilah yang membuat sayur sawi memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Dan pada artikel ini akan membahas tentang Khasiat dan Efek Samping Sayur Sawi.

Berikut Khasiat dan Efek Samping Sawi


1. Mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan meningkatkan kesehatan jantung
Sawi juga merupakan salah satu sumber alfa-linoleat, asam lemak omega-3 yang mana sangat penting untuk kesehatan otak, mampu mengurangi resiko diabetes tipe dua bahkan mampu meningkatkan kesehatan jantung Anda

2. Menangal radial bebas
Sawi hijau juga mengandung banyak vitamin C. Sehingga mampu melindungi tubuh dari infeksi flu dan melawan radikal bebas.

3. Mencegah kanker mulut dan kanker rongga paru- paru
Sawi hijau mengandung flavonoid yang dapat mencegah kanker mulut dan kanker rongga paru- paru. Sawi juga merupakan sayur anti-karsinogenik yang mengandung glucosinolate, yang kemudian dikonversi ke isothiocyanate yang memiliki sifat pencegahan kanker. Selain itu, kandungan antioksidan, vitamin dan mineral sawi juga sangat tinggi sehingga sangat baik menurunkan risiko terserang kanker.

4. Membantu mencegah penyakit gondok
Selain dengan garam beryodium, penyakit gondok juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi sawi putih. Hal ini karena sawi putih mengandung goitrogen, zat yang dapat mencegah penyakit gondok.

5. Mencegah anemia
Sawi putih juga dapat digunakan sebagai suplemen tambah darah alami yang dapat mencegah penyakit anemia. Hal ini dikarenakan sawi putih mengandung asam folat yang nantinya akan merangsang pembentukan sel- sel adrah merah.

6. Membantu detoks tubuh
Sawi yang kaya serat akan sekaligus menjadi agen detoks yang sangat baik di dalam usus. Selain itu, sawi juga mengandung sulfur dan antioksidan sehingga sangat baik dalam detoksifikasi tubuh. Karena sawi kaya akan klorofil, ini juga sangat baik dalam menyerap karbon dioksida yang akan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh.

7. Kaya antioksidan
Sawi merupakan sumber fitonutrien atau tanaman yang dihasilkan nutrisi serta antioksidan. Selain vitamin C dan A, juga memiliki asam hydroxycinnamic, isothamnetin, quercetin, dan kaempferol yang merupakan fitonutrien antioksidan kunci yang dibawa sawi.
Fitonutrien tinggi dalam sawi bergizi untuk mengurangi stres oksidatif pada sel-sel dalam tubuh, dan bahkan membantu mencegah kanker payudara, usus besar, kandung kemih, prostat, ovarium, dan paru-paru. Itulah mengapa tubuh butuh banyak antioksidan.

8. Menjaga Kesehatan Mata
Salah satu komponen vitamin utama dari sawi hijau adalah vitmain A, yang terdiri dari berbagai karotenoid, termasuk beta karoten dan alfa karoten. Hal ini berarti bahwa dengan mengkonsumsi sawi hijau dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda, yang selanjutnya dapat membantu mencegah degenerasi makula dan stres oksidatif di retina.

9. Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Dalam secangkir sawi hijau, terdapat sekitar 20 persen jumlah potassium harian yang direkomendasikan. Hal ini sangat penting untuk kesehatan jantung, karena kalium bekerja sebagai vasolidator untuk mengurangi ketegangan pada pembuluh darah, dan dengan demikian dapat menurunkan tekanan pada sistem kardiovaskular. 

10. Mencegah Osteoporosis
Salah satu manfaat sawi hijau adalah untuk kesehatan tulang. Kombinasi mineral penting, seperti zat besi, magnesium, dan kalsium yang terkandung dalam sawi hijau dapat membantu Anda dalam mencegah osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang 

11. Bersifat anti-inflamasi
Sawi juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan kronis serta mengurangi risiko penyakit arthritis dan bengkak-bengkak lainnya. Ini karena sawi memiliki kandungan vitamin K dan asam lemak omega-3 yang memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu juga mengandung isothiocyanate yang berfungsi mencegah peradangan dan mengurangi risiko stroke.

12. Mencegah cacat tabung saraf pada bayi
Daun sawi ini juga merupakan salah satu sumber folat yang sangat baik. Vitamin yang larut di dalam air ini memiliki peranan yang cukup penting guna sintesis DNA, dan ketika di konsumsi sebelum dan di awal kehamilan, maka bisa mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi.

13. Menurunkan Berat Badan
Sawi mengandung serat pangan yang baik untuk diet kita, dengan menambahkan sayuran ini pada menu makanan, maka kita bisa mendapatkan berat badan ideal. Sawi juga memiliki kandungan kalori juga lemak yang sangat rendah, namun kaya akan kandungan serat. Maka dari itu, jenis sayuran ini sangat dianjurkan untuk di konsumsi Anda yang tengah menjalankan program diet.

14. Manfaat sawi untuk pasien penyakit Alzheimer
Kandungan vitamin K yang ada pada sawi juga berperan untuk membantu fungsi masa tulang dengan cara mengembangkan aktivitas osteotrofik pada tulang. Di samping itu, hal ini juga sangat bermanfaat untuk pasien yang menderita penyakit alzheimer dengan cara membatasi kerusakan saraf pada otak.

15. Membantu memerangi peradangan dan mencegah pembentukan plak di arteri
Sawi sendiri memiliki kandungan fitonutrien, quercetin yang bisa membantu Anda dalam memerangi peradangan serta mencegah terjadinya pembentukan plak di sekitar arteri juga sulforaphane, yakni senyawa yang mampu melawan kanker.

16. Mempercepat penyembuhan luka
Sawi hijau mengandung vitamin K yang tinggi, hal ini sangat baik untuk membantu pembekuan darah saat terjadi luka. Vitamin K membantu mempercepat penyembuhan luka. Bagi Anda yang memiliki luka, konsumsi sawi hijau setiap hari membantu mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi pada luka tersebut.

17. Meningkatkan kekebalan tubuh
Dalam 100 gram sawi hijau mengandung 70 mg vitamin C yang sangat baik untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan sistem imun yang baik maka kita tidak mudah sakit karena virus maupun bakteri.

18. Melancarkan Pencernaan
Beberapa orang mengatakan bahwa konsumsi makanan berserat membantu mereka buang air besar. Ya, hal ini memang benar dan salah satunya adalah sawi hijau. Jika kita mengkonsumsi sawi secara teratur maka pencernaan kita menjadi lancar dan buang air besar pun juga menjadi lancar. Sawi mengandung serat yang dibutuhkan untuk memperlancar pencernaan.

19. Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin C dan vitamin A pada sawi hijau sangat baik untuk menghaluskan kulit. Manfaat sawi untuk kecantikan karena kandungan beberapa vitamin tersebut adalah antioksidan yang baik untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UVA/ UVB.

20. Menghaluskan dan Melembabkan Kulit
Manfaat sawi untuk kecantikan lainnya adalah bisa menghaluskan dan melembabkan kulit. Vitamin K pada sawi hijau sangat tinggi, hal ini bisa membantu menghaluskan kulit dan mencegah keriput. Jadi, dengan konsumsi sawi hijau setiap hari kita bisa mencegah penuaan dini dan mendapatkan kulit yang halus dan lembut.

21. Cara Merawat Kulit Wajah
Hal pertama yang perlu anda lakukan yaitu dengan membuat masker wajah menggunakan sawi, gunakan sawi yang segar dan cuci sampai bersih. Setelah itu, potong kecil-kecil kemudian masukan ke dalam blender dan haluskan. Langkah selanjutnya yaitu, campurkan jus sawi yang telah anda buat tadi dengan bahan alami lain seperti minyak zaitun dan air peradan jeruk lemon segar secukupnya. Aduk kembali sebentar saja agar semua bahan alami tersebut tercampur merata.

Sebelum digunakan, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah anda dengan air hangat dan keringkan. Lalu, oleskan masker sawi yang telah anda buat tadi secara merata pada permukaan kulit wajah dan diamkan selama 30 menit atau sampai masker kering. Terakhir, bilas hingga bersih dan rasakan perbedaannya. Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan perawatan kecantikan alami ini secara rutin dan teratur minimal 2 kali seminggu setiap malam sebelum tidur.

Dengan rutin melakukan perawatan kecantikan kulit wajah dengan sayur sawi ini dipercaya sangat bermanfaat untuk menghaluskan, melembabkan, mencerahkan dan mencegah munculnya berbagai masalah yang sering mumcul pada kulit wajah. Dengan demikian, kulit wajah akan terlihat lebih sehat dan cantik alami serta terhindar dari berbagai masalah kulit.

EFEK SAMPING SAYUR SAWI


Sayuran sawi mungkin berisi goitrogens yang dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tiroid. Oleh karena itu, makan sayur mentah harus dihindari pada individu dengan masalah disfungsi tiroid. Namun, dapat digunakan secara bebas bagi orang yang sehat. Sawi juga harus dikonsumsi dengan hati-hati bagi orang-orang yang menderita batu ginjal oksalat. Seitap 100 g sawi hijau mentah menyediakan lebih dari 500 mg vitamin K, yakni di atas nilai harian yang direkomendasikan. Oleh karena itu, harus dikonsumsi secara tidak berlebihan pada orang yang memakai antikoagulan seperti warfarin.

Seperti biasa jika sayuran/ daun sawi dikonsumsi secara wajar dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh , sedangkan jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan penyakit atau efek samping bagi kesehatan

Baca juga artikel ini :  Khasiat dan Efek Samping Bayam


*Terimakasih atas kunjungan anda, jika artikel ini bermanfaat mohon di share ^_^

0 Response to "Khasiat dan Efek Samping Sawi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel