-->

Khasiat dan Efek Samping Wortel



Khasiat dan efek samping Wortel - Wortel merupakan sayuran yang sangat berkhasiat. Wortel pada prinsipnya secara luas dikenal sebagai sumber vitamin A, ternyata memiliki segudang manfaat lain. Tentu saja apabila sayuran bewarna orange ini, dikonsumsi secara rutin. Banyak orang mengatakan Wortel sangat baik untuk memelihara kesehatan mata karena kaya Akan Vitamin A. Namun pada dasarnya khasiatnya bukan hanya itu saja, makanan favorit dari Bugs Bunny ini dapat juga menjaga secara keseluruhan kesehatan dalam tubuh kita, bahkan sangat baik untuk kecantikan kulit. Buah atau sayur Wortel ini dapat dikonsumsi dengan cara dimakan mentah atau dijadikan jus dan disarankan dikonsumsi setiap hari.
Menurut US Department of Agriculture National Nutrient, satu gelas jus wortel umumnya mengandung:
  • 94 kalori
  • 2,24 gr protein
  • 0,35 gr lemak
  • 21,90 gr karbohidrat
  • 1,90 gr serat
  • 689 mg potassium
  • 20,1 mg vitamin C
  • 0,217 mg tiamin
  • 0,512 mg vitamin B6
  • 2,256 mikrogram (μg) vitamin A
  • 36,6 μg vitamin K


Berikut Khasiat dan Efek Samping Wortel :


Menjaga Kesehatan Jantung
Buah Wortel banyak akan kandungan hidrat arang, vitamin A, kalsium, fosfor dan beta karoten. Pada prinsipnya Zattadi disebutkan terakhir mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan.

Menurunkan Resiko Kanker
Saat sel-sel abnormal terbentuk kanker berkembang dan berkembang biak secara tak terkendali. Kandungan antioksidan yang ada pada wortel cukup membantu menghentikan kerusakan sel akibat  sel kanker yang berkembang. Dalam sebuah penelitian, ekstrak jus wortel digunakan selama 72 jam dalam perawatan sel leukemia dan sel-sel kontrol nontumor yang merangsang kematian sel.
Dari Hasil penelitian menunjukkan bahwa sayur atau buah wortel mengandung bahan kimia bioaktif yang cukup efektif untuk menghentikan perkembangan dan menyembuhkan penyakit ini hingga penyakit leukemia.
Studi lain juga menemukan bahwa makanan yang kaya betakaroten dapat menurunkan risiko seseorang terkena kanker prostat.

Kandungan karetenoid yang tinggi pada jus dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara secara keseluruhan. Studi yang dilakukan pada penderita penyakit ini melihat bahwa kandungan karetenoid mampu menurunkan risiko stres oksidatif dan peradangan dalam darah. Selama penelitian, peserta mengonsumsi  8 (delapan) ons jus wortel atau setara dengan 227 gram setiap hari selama 3 (tiga) minggu. Hasilnya, kadar stres oksidatif di tubuh yang terkait dengan risiko kanker payudara jauh lebih rendah dibandingkan dengan sebelumnya.

Menekan Resiko Penyakit Jantung
Mengkonsumsi 6 biji wortel dalam seminggu, menurut penilitian uneversitas Harvard baru-baru ini, dapat mengurangi resiko kolesterol jahat dalam tubuh, yang dapat menekan resiko penyakit jantung. Zat antioksidan didalam wortel cukup membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang dapat memicu penyakit jantung.

Membuat Kulit Makin Bercahaya
Ternyata khasiat wortel bagi kesehatan bukan untuk mata saja. Ada sebuah penelitian di bidang kesehatan kembali mengungkap khasiat wortel lainnya. Sepert dikutip dari Times of India mengatakan bahwa wortel bisa membuat seseorang tampil lebih menarik dan tampak sehat.
Penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita dan pria yang kulitnya memiliki cahaya kuning dianggap lebih menarik dan sehat. Cahaya kuning tersebut timbul dari pigmen kuning yang biasa disebut karotenoid.
Karotenoid memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit serta memberikan rona pada wajah.

Mendukung Kehamilan yang Lebih Sehat
Meminum jus wortel saat kehamilan sangat bermanfaat bagi janin dan Anda. Menurut American College of Obstetrician and Gynecologists (ACOG), wanita yang hamil dan menyusui membutuhkan 1.000 (seribu) mg kalsium per harinya. Kandungan kalsium, folat, potasium, magnesium, dan vitamin A bisa memperkuat tulang bayi dalam kandungan dan mencegah cacat lahir. Selain itu, vitamin A dan vitamin C didalam jus wortel juga dapat berperan sebagai antioksidan pada kehamilan. Antioksidan melindungi ibu dan janin dari paparan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk dapat menurunkan risiko infeksi.

Menurunkan Kolestrol
Ada sebuah penelitian di Harvard University mengungkapkan bahwa apabila seseorang memakan sedikitnya 6 (enam) wortel dalam 1 (satu) minggu dapat menurunkan resiko kolesterol tinggi daripada hanya mengkonsumsi 1 (satu) butir saja dalam sebulan. Wortel merupakan sayuran tinggi akan serat, rendah kalori dan rendah lemak. Serat bisa membantu menurunkan kolesterol karena sifatnya yang menghambat lemak dan menurunkan kolesterol dalam darah.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Sistem imun pada tubuh dapat diperkuat juga dengan cara mengkonsumsi wortel secara rutin. Penelitian menunjukkan memakan wortel yang dicampur dengan ketumbar, dapat mencegah virus-virus berbahaya menyerang tubuh. Campurlah ketumbar dalam sup wortel untuk mengkonsumsinya dengan bersamaan. Selain itu wortel juga sangat penting untuk menjaga dan membuang radikal bebas karena mengandung antioksidan.

Mengurangi Resiko Kanker Payudara
Penelitian yang dilakukan di Harvard University menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak beta-karoten setiap hari dapat mengurangi risiko kanker payudara. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan memakan makanan kaya akan antioksidan seperti wortel 2 kali setiap harinya dapat menurunkan risiko kanker sebesar 17 (tujuh belas) persen.

Menjaga Kesehata Kulit 
Khasiat atau manfaat wortel untuk kulit terletak pada kandungan vitamin A dan kandungan zat-zat pendukung lainnya, yang mampu menjaga kulit agar tetap cantik dan bersinar. Wortel menghilangkan noda hitam pada kulit, akibat pigmentasi. Penggunaanya bisa langsung dikonsumsi atau dibuat sebagai bahan masker. mengkonsumsi wortel secara rutin, sangat membantu untuk mencegah serangan berbagai macam penyakit kulit.

Memperkuat Fungsi Otak
Beta-karoten didalam jus wortel dapat memperkuat fungsi otak serta meningkatkan daya ingat. Stres oksidatif yang diakibatkan oleh polusi udara dan faktor lainnya bisa menyumbang kerusakan sel otak dan sel saraf. Pada kondisi ini mampu melemahkan sinyal-sinyal saraf dan mengurangi fungsi kognitif otak. Namun tidak hanya itu saja, Beta karoten juga bermanfaat untuk mengurangi risiko demensia seiring dengan bertambahnya usia.

Sebuah penelitian dilakukan pada 10 pekerja yang terpapar timbal. Mereka diberikan 10 mg beta-karoten selama 12 minggu. Hasilnya, kelompok pekerja yang menerima asupan betakaroten memiliki tingkat stres oksidatif lebih rendah. Oleh karenanya, minum satu gelas jus wortel setiap hari mampu menurunkan risiko kerusakan pada sel dan saraf otak akibat stres oksidatif.

Menjaga Kesehatan Mata
Buah atau sayur yang satu ini kaya akan kandungan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk mempertajam pengelihatan di malam hari.
Beta-karoten juga telah dapat melindungi dari degenerasi makula dan katarak yang merupakan salah satu masalah kesehatan mata yang sering terjadi pada orang tua. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi beta-karoten memiliki risiko 40% lebih rendah dari degenerasi makula dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Penyajian Wortel yang Nikmat :
  1. Jus Wortel = Jus beberapa wortel, masukan gula dan susu serta air sesuai selera, rasanya cukup enak dan lezat
  2. Masker – Haluskan wortel, lalu oleskan pada wajah atau kulit yang ingin di rawat.
  3. Dimasak sebagai sayuran, banyak masakan yang menggunakan wortel seperti cap cai dan sop.

EFEK SAMPING WORTEL

  • Loose stools
Wortel adalah sumber serat makanan yang baik jadi mengonsumsi 5 gram dari secangkir wortel yang sudah dimasak sudah cukup. Berbicara tentang serat, nutrisi ini tidak larut, ia mengikat air dan meningkatkan pencernaan dan keteraturan usus. Serat memang bagus untuk pencernaan tetapi memberikan efek samping juga pada usus bila dimakan terlalu banyak. Efek samping makan wortel terlalu banyak adalah mengganggu usus dan menyebabkan loose stools. Loose stools tidak sama dengan diare menurut Healthline.

Jika kamu mengalami loose stools setelah makan wortel terlalu banyak gejalanya seperti tinja berair dan tinja lunak.

  • Efek Samping yang Lain
Wortel dapat membantu mendapatkan banyak vitamin A, serat makanan, kalium, magnesium, dan vitamin C, B-6, dan K. Tetapi wortel bukan menjadi sumber yang sangat baik dari sebagian besar nutrisi lain, termasuk kalsium dan zat besi.
Jadi makan makanan yang bervariasi dalam jumlah sedang adalah cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Kita.

Kesimpulannya makan terlalu banyak wortel juga tidak baik buat tubuh kita, alangkah baiknya kita  mengkonsumsi makan makanan bervariasi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

baca juga artikel ini yaa : Khasiat dan Efek Samping Kangkung


*Terimakasih atas kunjungan anda, jika artikel ini bermanfaat mohon di share ^_^


0 Response to "Khasiat dan Efek Samping Wortel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel